Minyak Kelapa

Ada banyak manfaat minyak kelapa untuk kesehatan. Berkumur dengan minyak kelapa, misalnya, dapat mencegah kebusukan gigi dan gusi berdarah. Manfaat lain yang dipercaya banyak orang selama ini adalah sebagai obat infeksi jamur kulit. Namun, benarkah demikian?Cari tahu jawabannya dalam ulasan berikut ini. Benarkah minyak kelapa bisa dijadikan obat infeksi jamur?


Infeksi jamur kulit bisa menyebabkan rasa tidak nyaman, sensasi panas di kulit, dan gatal tak tertahankan yang mengganggu aktivitas sehari-hari. Infeksi kulit ini sebenarnya dapat dengan mudah diobati memakai krim antijamur yang tersedia di apotek atau toko obat, baik dengan atau tanpa resep dokter.

Akan tetapi, tidak sedikit orang yang mencari alternatif yang lebih alami untuk menghindari risiko efek samping obat. Minyak kelapa adalah salah satu pilihan obat infeksi jamur kulit alami.

 


Minyak Kelapa Mengandung Asam Lemak Rantai Sedang (MCT)

yang tidak hanya lebih mudah diserap oleh hati, tetapi juga dimetabolisme dengan cepat. Selain itu, minyak kelapa juga memiliki sifat antibakteri dan antijamur yang bisa membantu meredakan berbagai infeksi kulit.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan asal Nigeria pada tahun 2007 melaporkan bahwa kandungan MCT dalam minyak kelapa efektif melawan infeksi jamur candida albincans. Bahkan, kandungan tersebut lebih efektif daripada obat krim antijamur fluconazole dan tanpa efek samping.

 


Bagaimana Cara Menggunakan Minyak Kelapa Sebagai Obat Infeksi Jamur?


Minyak kelapa tidak melulu harus dikonsumsi lewat mulut untuk Anda bisa merasakan khasiat kesehatannya. Bila infeksi terjadi di permukaan kulit, minyak kelapa bisa langsung dioleskan pada area kulit yang bermasalah. Ulangi terus pemakaiannya setiap hari sampai gejala mereda.


Jika bagian mulut yang terinfeksi jamur, ikutin arahan berikut:


• Panaskan minyak kelapa selama beberapa detik
• Dinginkan minyak sampai cukup dingin untuk tidak membakar kulit, masukkan ke mulut selama sekitar 30 detik
• Keluarkan minyak kelapa tersebut dari mulut
• Hindari makan atau minum selama setengah jam setelahnya


Bila Anda mengalami infeksi jamur pada vagina, minyak kelapa bisa langsung dioleskan ke kuli vagina yang terinfeksi selama 4-5 hari.
Cara yang kedua, minyak kelapa dioleskan pada tampon dan dimasukkan ke dalam vagina hingga mencapai mulur rahim.

Sebelum melakukan kedua hal ini, sebaiknya lakukan konsultasi ke dokter terlebih dahulu. Pastikan minyak yang Anda gunakan adalah minyak kelapa ekstra virgin (VCO) yang tidak melewati beragam proses pabrikan.

 

Manfaat Minyak Kelapa

Cukup beragam, baik untuk keperluan memasak maupun keperluan perawatan tubuh. Manfaat minyak kelapa secara medis hingga kini masih diteliti. Meski, klaim tentang manfaat minyak kelapa hingga kini belum terbukti 100 persen, tapi penggunaannya kian populer di masyarakat.

Minyak kelapa menurut beberapa penelitian diperkirakan dapat berguna bagi kesehatan dan kecantikan. Berikut ini beberapa kemungkinan manfaat yang bisa didapat dari minyak kelapa.

 

  • Minyak Kelapa Untuk Kesehatan


Minyak kelapa yang baik adalah yang murni atau virgin coconut oil (VCO), bukan minyak olahan. VCO diekstrak dari kelapa yang masih segar tanpa menggunakan tambahan bahan kimia dan tanpa suhu tinggi. Hal ini bertujuan agar kandungan alaminya, seperti senyawa phenolic, tidak rusak.

Oleh karena itu, minyak kelapa murni berpotensi sebagai antioksidan.
Selain itu, senyawa dalam minyak kelapa seperti asam laurat, kaprilat dan kaprat dapat menjadi penunjang pertumbuhan probiotik di dalam saluran pencernaan dan berfungsi melawan bakteri jahat. Berikut beberapa kemungkinan manfaat minyak kelapa bagi kesehatan.

 

  • Untuk diet


Anda dapat menggunakan VCO sebagai minyak ketika memasak atau dicampurkan pada Kandungan dalam VCO dipercaya dapat membantu menstimulasi metabolisme. Salah satu efek yang dapat didapatkan pada minyak kelapa yaitu membuat kenyang lebih lama, sehingga dorongan untuk mengonsumsi makanan berlebih atau menyantap camilan akan berkurang.
Selain itu, minyak kelapa terdiri dari asam lemak rantai sedang yang mudah masuk ke dalam sel-sel hati.

Kelebihannya ini menjadikan minyak kelapa sebagai lemak yang cepat dibakar tubuh menjadi energi. Asam lemak rantai sedang tidak mudah diubah menjadi cadangan lemak, jadi mendorong penurunan berat badan. Meski diklaim baik untuk mereka yang ingin mengurangi berat badan, sejauh ini data mengenai efektivitas minyak kelapa untuk diet masih terbatas, sehingga masih diperlukan penelitian lebih lanjut.

Bila Anda ingin menurunkan berat badan tidak bisa hanya mengandalkan VCO. Anda tetap perlu berolahraga dan menjalani pola makan yang sehat dan seimbang. VCO dapat dikatakan sebagai bagian kecil dari pola makan yang baik. Konsumsinya maksimal satu sendok makan dalam sehari.

 

diet

 

Antioksidan yang baik untuk jantung karena mengandung polifenol



Manfaat minyak kelapa untuk kesehatan jantung diduga karena kandungan polifenolnya. Hal ini karena polifenol mencegah terjadinya aterosklerosis, yakni pengerasan dinding pembuluh darah akibat menumpuknya plak lemak pada dinding pembuluh darah. Ini berarti risiko penyakit jantung juga berkurang. Jika kondisi kesehatan Anda normal, mungkin minyak kelapa dapat dimasukkan ke dalam menu diet. Jika Anda memiliki penyakit jantung, disarankan untuk konsultasikan dulu ke dokter terkait konsumsi minyak kelapa.

 

  •  Untuk Mengurangi Lemak Jahat


Salah satu manfaat minyak kelapa yang diklaim baik untuk kesehatan yaitu mengurangi kolesterol total, lemak jahat (LDL), dan trigliserida, serta meningkatkan lemak baik (HDL). Efek ini diprediksi dapat memelihara kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Namun, beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi minyak kelapa hanya meningkatkan kadar lemak baik, tetapi tidak memberikan dampak signifikan pada penurunan kolesterol total dan lemak jahat dalam darah. Karena itu, manfaat minyak kelapa yang satu ini masih perlu diteliti lebih lanjut.

 

  •  Untuk Diabetes


Rantai asam lemak dalam minyak kelapa diduga dapat memperbaiki toleransi glukosa dalam tubuh. Pada kasus diabetes tipe 2, minyak kelapa juga dipercaya dapat memperbaiki sensitivitas insulin. Namun, masih diperlukan penelitian yang lebih luas untuk membuktikan hal ini.


Minyak Kelapa untuk Kecantikan
Minyak kelapa diduga dapat bermanfaat bagi kecantikan, di antaranya untuk:

 

  • Mengobati Jerawat


Pengobatan jerawat tidak harus selalu menggunakan obat berbahan kimia, tapi bisa juga dengan VCO. Kandungan asam laurat dalam minyak kelapa diduga kuat efektif mengurangi peradangan dan melawan bakteri. Oleh karena itu, asam laurat dalam minyak kelapa dapat menjadi alternatif untuk antibiotik bagi kulit berjerawat. Tentunya, jangan lupa untuk senantiasa menjaga kebersihan kulit dan memperhatikan asupan makanan.