Cara memperkuat imun tubuh saat pandemi covid 19 – Pandemi Covid-19 telah mewabah di seluruh dunia. Di Indonesia, ada lebih dari 2,42 juta kasus dengan kasus harian lebih dari 30 ribu kasus positif. Untuk menghadapi pandemi seperti ini Kita harus memperkuat imun tubuh dan menjadi salah satu cara untuk menangkal penularan Covid-19. Bahkan tidak hanya Covid-19, imun tubuh yang kuat juga bisa melindungi diri dari berbagai penyakit lainnya.

Hingga saat ini, belum ada obat yang secara khusus diformulasikan sebagai penyembuhan penyakit Covid-19. Inilah yang membuat berbagai pihak termasuk Kementerian Kesehatan Indonesia menghimbau supaya publik menerapkan pola hidup sehat agar imun tubuh selalu terjaga.

Penyebab Daya Tahan Tubuh Menurun

Pada dasarnya tubuh manusia mempunyai imun untuk melawan berbagai bakteri dan virus penyebab penyakit. Namun ada hal-hal yang dapat melemahkan imun dan membuat daya tahan tubuh menurun. Beberapa di antaranya yaitu:

  • Kurang tidur
  • Dehidrasi
  • Stres
  • Tidak aktif bergerak
  • Kekurangan nutrisi yang dibutuhkan tubuh
  • Dan penyakit atau efek obat-obatan tertentu

Oleh sebab itu, menjadi penting bagi Anda untuk selalu berupaya mengikuti cara memperkuat imun tubuh saat pandemi Covid 19 agar terhindari dari penyakit.

Cara Memperkuat Imun Tubuh untuk Mencegah Covid 19

Ada beberapa cara memperkuat imun tubuh saat andemi covid 19 yang bisa Anda lakukan mulai saat ini, yaitu:

1. Konsumsi Makanan Bergizi
Konsumsi makanan tinggi antioksidan, seperti sayur, buah, dan tanaman herbal yang dapat melawan radikal bebas. Covid-19 lebih mudah menginfeksi tubuh yang kerja sistem imunnya terganggu oleh radikal bebas.

Selain itu, Anda juga perlu menjaga asupan sehari-hari. Pastikan Anda memperbanyak konsumsi makanan yang alami dibanding makanan instan. Anda juga bisa mengonsumsi daging tanpa lemak, biji-bijian, dan kacang-kacangan agar daya tahan tubuh semakin kuat. 

Jahe dan bawang juga baik dikonsumsi karena kandungannya dapat melawan infeksi dan meredakan peradangan.

2. Rutin Berolahraga
Olahraga menjadi salah satu cara memperkuat imun tubuh saat pandemi covid 19. Dengan berolahraga rutin maka daya tahan tubuh Anda akan lebih baik. Sempatkanlah berolahraga 30 menit setiap hari.

Anda tidak perlu melakukan olahraga yang terlalu berat, cukup dengan jenis olahraga yang nyaman dilakukan asalkan rutin. Berolahraga juga sebaiknya dilakukan di rumah untuk menghindari paparan covid 19.

3. Mengelola Stres
Saat Anda stres maka produksi hormon kortisol akan meningkat. Hormon kortisol yang tinggi akan mengganggu sistem imun tubuh dalam melawan infeksi. Oleh sebab itu, pastikan Anda mengelola stres dengan baik agar imun tubuh terjaga dan dapat terhindar dari covid-19.

Stres dapat dikendalikan dengan cara sederhana. Seperti tidur yang cukup dan melakukan berbagai aktivitas yang membuat pikiran dan tubuh Anda rileks. Dengan cara memperkuat imun tubuh saat pandemi covid 19 lewat pengendalian stres ini maka tubuh Anda bisa terhindar dari berbagai penyakit.

4. Istirahat yang Cukup

Kurang tidur terbukti memberi dampak buruk pada kesehatan. Saat tubuh Anda kurang tidur, daya tahan tubuh akan menurun dan berbagai penyakit mudah menyerang. Tidur cukup akan membuat tubuh Anda lebih kuat sehingga mampu melawan paparan Covid-19.

Orang dewasa setidaknya membutuhkan tidur 7-8 jam setiap hari dan anak-anak memerlukan tidur 10 jam atau lebih. Tidur dan istirahat yang cukup dapat menjadi salah satu cara memperkuat imun tubuh saat pandemi covid 19 yang sangat baik terhadap daya tahan tubuh Anda.

5. Menghindari Rokok

Bagi Anda perokok aktif maupun perokok pasif, sebaiknya menghindari aktivitas tersebut. Rokok dan asapnya sangat berbahaya bagi kesehatan karena bisa menyebabkan berbagai penyakit dan melemahkan imun tubuh.

Dampak dari rokok juga dapat memperparah kondisi pernapasan, terlebih di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini. Oleh sebab itu menghindari rokok adalah salah satu cara memperkuat imun tubuh saat pandemi covid 19 yang harus Anda lakukan.

6. Berjemur

Anda bisa berjemur di pagi hari untuk meningkatkan imun tubuh. Saat berjemur, tubuh Anda akan menyerap vitamin D dengan baik yang secara efektif akan meningkatkan imun tubuh Anda. Waktu berjemur yang dianjurkan adalah pukul 10-11 pagi. Durasi berjemur tidak perlu terlalu lama, cukup 15 menit setiap harinya.

Anda bisa berjemur secara rutin setiap harinya untuk memaksimalkan produksi dan penyerapan vitamin D pada tubuh. Saat berjemur Anda juga bisa melakukan gerakan senam kecil agar tubuh tetap aktif bergerark setiap hari.

7. Suplemen Penunjang Daya Tahan Tubuh

Mengonsumsi suplemen untuk menunjang daya tahan tubuh juga bisa jadi cara memperkuat imun tubuh saat pandemi covid 19. Tubuh manusia membutuhkan mineral dan vitamin yang terkandung dalam suplemen daya tahan tubuh Seperti vitamin C, vitamin B kompleks, vitamin E, Zinc, dan sodium selenite yang secara efektif mampu meningkatkan sistem imun tubuh.

Untuk vitamin C bisa mengonsumsi Pureway-C yang merupakan vitamin C generasi terbaru yang 100% alami dan vitamin C-Lipid Metabolites yang telah dipatenkan yang merupakan vitamin C yang lebih cepat diserap tubuh dan bertahan lebih lama di dalam tubuh serta sangat aman di lambung.

Selain itu bisa mengonsumsi Imuno Force yang memiliki kandungan bunga echinaea & zinc untuk support imun serta menjaga daya tahan tubuh. Imuno Force akan bekerja mengaktifkan kembali daya tahan tubuh, sehingga kekebalan tubuh meningkat dan tubuh terlindungi dari serangan virus berbahaya. Imuno Force cocok untuk diminum ketika tubuh dalam kondisi rentan tertular virus karena aktifitas yang tinggi bagi yang sering berpergian atau berada di tempat-tempat keramaian publik. 

Di sisi lain, beberapa vitamin seperti vitamin B3, B5, dan B6 juga mampu memperbaiki sel tubuh yang rusak akibat penyakit. Ketika sel tubuh yang rusak berhasil diperbaiki maka sistem imun tubuh juga akan meningkat dan dapat melawan bakteri maupun virus penyebab covid-19. 

Dalam mengonsumsi suplemen sehari-hari, Anda bisa memilih suplemen yang mengandung ekstrak tanaman. Seperti Black Elderberry dan Echinacea yang dipercaya mampu meningkatkan sistem imun tubuh serta melawan infeksi yang disebabkan virus atau bakteri, termasuk Covid-19.

Selain melakukan berbagai cara memperkuat imun tubuh saat pandemi covid 19, Anda juga perlu menerapkan protokol kesehatan. Seperti rajin mencuci tangan, selalu memakai masker, tidak menyentuh wajah, dan menghindari kerumunan atau menjaga jarak.