Cara mencegah penyakit kanker – Mencegah pastinya sudah lebih baik dibandingkan dengan mengobati. Terlebih lagi bagi penyakit kanker. Seperti yang diketahui bahwa kanker ini merupakan penyebab utama kematian di negara berkembang. Untuk beberapa kasus penyakit kanker ini masih bisa diobati namun jika berobatnya sudah dalam fase terlambat maka kanker ini akan susah disembuhkan.

Kanker ini merupakan penyakit serius yang mana bisa menghabiskan banyak waktu dan juga biaya dalam pengobatannya. Banyak yang menyingkat kanker sebagai kantong kering dan hal tersebut memang benar. Saat seseorang terkena kanker dia akan mengeluarkan biaya yang besar.  Belum lagi waktu yang dikeluarkan untuk melakukan serangkaian pengobatan yang tidak sedikit.

Bisa dikatakan bahwa pengobatan kanker ini berpacu dengan waktu, semakin cepat terdeteksi maka penyembuhan akan semakin efektif. Berikut ini adalah cara mencegah penyakit kanker yang wajib diketahui oleh semua orang: 

Ketahui Genetik

Jika di keluarga Anda ada yang pernah mengalami penyakit kanker maka peluang untuk terkena penyakit satu ini lebih besar dibandingkan dengan yang di dalam riwayat keluarganya tidak ada genetik kanker. Tapi yang harus diketahui disini adalah genetik kanker ini tidak hanya menurun namun juga bisa melintang.

Maksudnya adalah genetik tersebut tidak hanya diturunkan dari kedua orang tua, namun jika saudara ada yang menderita penyakit ini maka risiko terkena penyakit juga tinggi. Jika ditemukan ada genetik penyakit kanker di keluarga maka diperlukan pencegahan sejak dini.

Batasi Konsumsi Daging Merah

Cara mencegah penyakit kanker  yang bisa dilakukan adalah dengan membatasi konsumsi daging merah. Tumbuhan atau kaki satu lebih baik dibandingkan dengan kaki dua, sedangkan kaki dua lebih baik dibandingkan dengan kaki empat. Artinya adalah daging merah menjadi bahan makanan yang konsumsinya harus dibatasi. Hal itu karena risiko memicu penyakit kanker lebih besar dibandingkan dengan kaki dua seperti ayam, bebek dan sebagainya. Sedangkan makanan tersehat adalah kaki satu atau tumbuhan.

Sebenarnya boleh saja mengkonsumsi daging merah ini hanya saja jangan terlalu sering. Proses pengolahan yang salah juga bisa menyebabkan risiko penyakit kanker lebih besar. Riset membuktikan bahwa konsumsi daging merah yang diproses seperti dipanggang, digoreng, dibakar ini akan meningkatkan potensi terkena penyakit kanker payudara.

 

berat badan ideal

Berat Badan Ideal

Cara mencegah penyakit kanker yang bisa dilakukan adalah dengan menjaga berat badan ideal. Berat badan berlebih ini meningkatkan risiko terkena penyakit kanker. Bagi yang belum ideal, jangan risau karena dengan menurunkan beberapa kilogram berat badan Anda sudah bisa berusaha untuk mencegah penyakit kanker.

Untuk menurunkan berat badan bisa Anda lakukan dengan mengkonsumsi makanan yang rendah kalori. Konsumsi juga makanan rendah lemak untuk bisa mencapai berat badan yang normal.

 

olahraga rutin

Olahraga Rutin

Cara mencegah kanker selanjutnya yang bisa dilakukan adalah Anda harus melakukan olahraga secara rutin. Tidak hanya membuat tubuh menjadi bugar namun olahraga ini dipercaya bisa menjadi pencegah kanker yang efektif. Kurang berolahraga bisa menyebabkan risiko penyakit kanker usus besar, kanker rahim dan kanker payudara. Dengan olahraga Anda bisa membantu penumpukan hormon yang mana bisa memicu kanker.

Anda direkomendasikan untuk berolahraga minimal 150 menit per minggu untuk olahraga yang ringan, selain itu 75 menit per minggu untuk olahraga yang intens. Disarankan Anda berolahraga selama 30 menit dalam sehari untuk bisa menyehatkan tubuh Anda.

perbanyak konsumsi buah dan sayur

Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayur

Cara mencegah penyakit kanker yang bisa Anda lakukan adalah perbanyak konsumsi buah dan sayur.  Menjaga pola makan yang sehat setiap hari ini sangat penting. Menu yang bisa Anda konsumsi setiap hari  adalah sayur mayur, biji-bijian, kacang-kacangan dan buah-buahan.

Konsumsi sayur dan buah ini mencegah kanker karena bisa mencegah kerusakan sel yang mana bisa menyebabkan penyakit kanker. Konsumsilah 2,5 cangkir buah dan juga sayur per harinya untuk bisa membuat tubuh Anda tetap sehat dan bugar.

lindungi dari sinar matahari

Lindungi dari Sinar Matahari

Cara mencegah penyakit kanker yang bisa dilakukan adalah lindungi diri Anda dari sinar matahari. Seperti yang diketahui bahwa sinar matahari ini sangat tidak bagus untuk kesehatan kulit Anda.

Sinar matahari ini yang langsung mengenai Anda bisa menyebabkan kanker kulit. Untuk bisa melindungi kulit Anda secara maksimal Anda bisa menggunakan SPF 30 terutama saat pukul 10 pagi sampai dengan jam 4 sore.

lakukan vaksinasi

Lakukan Vaksinasi

Bagi Anda yang memiliki genetik kanker maka penting sekali untuk melakukan vaksinasi ini. Jangan salah, vaksinasi tidak hanya diikuti oleh anak-anak namun juga bisa diikuti oleh orang dewasa. Vaksin ini bisa mencegah penyakit kanker serviks, kanker alat kelamin dan juga kanker hati.

Vaksinasi HPV untuk mencegah penyakit kanker serviks dan juga kelamin selain itu vaksin hepatitis B digunakan untuk menghindari penyakit kanker hati dan sebagainya.

 

nutrasetika kanker

Gunakan Nutrasetika Kanker untuk Mengurangi Risiko Terkena Penyakit Kanker

Untuk mencegah kanker sejak dini Anda bisa menggunakan suplemen kanker atau nutrasetika berbahan alam untuk kanker. Nutrasetika ini digunakan untuk melindungi sel tubuh Anda dari penyakit kanker, serta mampu mencegah kerusakan sel yang bisa menyebabkan penyakit kanker muncul dan mampu mempercepat penyembuhan sel atau regenerasi sel yang rusak. 

Nutrasetika ini juga bermanfaat untuk meningkatkan kualitas kehidupan survivor kanker dengan mengurangi efek kemoterapi dan juga radioterapi. Selain itu penyebaran sel kanker juga bisa dicegah. Nutrasetika berbahan alam untuk kanker yang diproduksi menggunakan bahan 100% alami dari Ekstrak Curcuma longa rhizome serta diproses dengan teknologi & inovasi terbaru.

Curcomplex 95 merupakan Nutrasetika khusus penderita kanker yang mengandung bahan aktif Curcuminioid complex yang secara klinis mampu meningkatkan kualitas dan harapan hidup penderita kanker, dengan cara mengurangi depresi, kelelahan, mengurangi rasa sakit, menghambat penyebaran sel kanker sekaligus meningkatkan efektivitas kemoterapi dan radioterapi, sehingga efektivitas pengobatan kanker dapat meningkat dengan baik. 

Semoga dengan mengkonsumsi nutrasetika dari UNIHEALTH bisa menjadi jalan untuk meningkatkan kualitas kehidupan serta harapan hidup penderita kanker. Akan tetapi hal yang terpenting adalah mengetahui bagaimana cara mencegah penyakit kanker sejak dini yang efektif, dengan menjaga kesehatan serta beberapa hal sudah dijelaskan pada tulisan artikel diatas.