Cara Mengatasi Rambut Rontok

Mengatasi masalah rabut rontok memang menjadi pembicaraan yang banyak di cari para kaum adam maupun kaum hawa.

Ini sering diartikan Alopesi, pada ilmu hair beauty. 

Rambut rontok sebanyak 50 hingga 100 helai setiap hari masih dianggap hal yang wajar. Hal tersebut seharusnya tidak akan menimbulkan masalah atau membuat kepala menjadi cepat botak. Mengapa? Karena rambut baru akan tumbuh dan menggantikan rambut rontok tersebut. Namun jika rambut rontok berlebihan, apalagi bila disertai dengan pertumbuhan rambut yang terganggu atau terhenti, kepala bisa kehilangan mahkota indahnya, baik untuk sementara maupun permanen.

 

Penyebab Rambut Rontok Berlebihan

Rambut rontok berlebihan (lebih dari 100 helai per hari) secara medis disebut sebagai telogen effluvium. Kerontokan ini terjadi secara menyeluruh pada bagian kepala sehingga tidak menyebabkan kebotakan pada satu area saja (pitak). Akibatnya, rambut tampak tipis secara keseluruhan. Kondisi ini bisa terjadi setelah tubuh mengalami stress atau tertekan, baik secara fisik maupun emosional.

 

Berikut ini beberapa di antaranya:

1. Oleskan Gel Lidah buaya

Melansir Buku Beauty Clopedia: 110 Rahasia Cantik Alami (2019), lidah buaya terbukti mengandung vitamin dan mineral yang berkhasiat untuk menghitamkan helaian rambut, merangsang pertumbuhan rambut baru, sekaligus memperbaiki jaringan rambut yang rusak. Oleh karenanya, jangan ragu lagi untuk mengoleskan gel lidah buaya ke kulit kepala minimal 2 kali dalam seminggu sebagai cara mengatasi rambut rontok.

2. Gunakan teh hijau & daun seledri

Kombinasi the hijau dan seledri dilaporkan mampu meredakan rambut rontok seketika. Hal ini dikarenakan, dalam dua bahan tersebut terkandung senyawa antioksidan    serta vitamin A dan vitamin B yang baik untuk menguatkan akar rambut.

3. Oleskan jus bawang merah dan bawang putih

Jika tahan dengan baunya, Anda bisa memanfaatkan jus bawang merah dan bawang putih untuk mengatasi rambut rontok.Seperti dilansir dari The Journal of Dermatology, rambut rontok dapat dicegah dan diatasi dengan rajin mengaplikasikan jus bawang ke kulit kepala setidaknya 2 kali seminggu. Jus bawang telah terbukti berhasil mengobati alopecia areata yang tidak merata dengan meningkatkan pertumbuhan rambut.

 

Healthy webinar

Yang diadakan oleh UNIHEALTH dan pembicara ahli dr Arini Astasari Widodo, SpKK membahas topik menarik yaitu kerontokan rambut.

Ternyata kerontokan rambut dapat terjadi karena penyebab yang berbeda, selain itu beda jenis jenis kelamin dan jenis rambut, berbeda pula cara penanganannya.

Saksikan video webinar eksklusif ini dan temukan perawatan rambut yang tepat untuk Anda!