Harapan Hidup Pasien Diabetes Tipe 2 Meningkat dengan Cara Ini

Diabetes tipe 2 adalah penyakit yang sangat umum dan menjadi masalah kesehatan global. Banyak pasien dengan diabetes tipe 2 mengalami komplikasi yang serius, seperti penyakit jantung, stroke, dan kerusakan pada organ lainnya. Namun, harapan hidup pasien dapat ditingkatkan dengan cara yang tepat.


Penelitian terbaru menunjukkan bahwa gaya hidup sehat dan diet berkualitas tinggi dapat membantu mengurangi risiko komplikasi dan memperpanjang harapan hidup pasien diabetes tipe 2.


Menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition, diet yang kaya akan buah, sayuran, biji-bijian, dan kacang-kacangan dapat membantu mengurangi risiko komplikasi dan memperpanjang harapan hidup pasien diabetes tipe 2.

Studi ini melibatkan lebih dari 200.000 orang dan membandingkan diet yang kaya akan makanan olahan dan gula dengan diet yang sehat. Hasilnya, mereka yang mengonsumsi diet sehat memiliki risiko lebih rendah terkena komplikasi dan memiliki harapan hidup yang lebih panjang.


Selain diet, gaya hidup sehat juga sangat penting. Pasien dengan diabetes tipe 2 harus:

  • Melakukan aktivitas fisik secara teratur
  • Menjaga berat badan ideal, dan
  • Menghindari merokok, dan minum alkohol.


Studi lain yang diterbitkan dalam Diabetologia menunjukkan bahwa pasien diabetes tipe 2 yang melakukan olahraga secara teratur memiliki harapan hidup yang lebih panjang dan lebih rendah risiko terkena komplikasi dibandingkan mereka yang tidak berolahraga.


Selain melakukan gaya hidup sehat, penting juga untuk menambahkan nutrisi berstandar farmasi yang dikonsumsi setiap hari.

Nutrisi farmasi tersebut bisa berupa susu, minuman dan suplemen:

  • Glucofit Susu. Merupakan susu berstandar farmasi mengandung tinggi serat pangan, tinggi kalsium dan sumber protein. Selain itu mengandung multivitamin dan multimineral yang baik untuk dikonsumsi setiap hari.
  • Glucodiab Drink. Minuman untuk penderita diabetes temuan revolusioner Prof. Dr. Hanny Wijaya, seorang guru besar dari Institut Pertanian Bogor dengan manfaat bahan alamnya untuk menurunkan HDL, tekanan darah, gula darah, meningkatkan kadar insulin, menjaga kerusakan sel pankreas penghasil insulin, memperbaiki kondisi hiperglikermia dan hiperlipidemia.
  • Glucosefit. nutrasetika ekstrak kayu manis terstandar (Cinnulin PF®) yang memiliki manfaat untuk membantu menurunkan kadar gula dalam darah, mengurangi lemak dalam tubuh dan membantu menurunkan tekanan darah tinggi (systolic). Glucosefit dapat membantu kualitas hidup penyandang diabetes terutama pada kasus polineuropati pada pasien diabetes tipe 2.


Harapan hidup pasien diabetes tipe 2 dapat ditingkatkan dengan menjalankan gaya hidup sehat dan mengonsumsi nutrisi farmasi berkualitas tinggi. Ini adalah cara yang efektif untuk mengurangi risiko komplikasi dan memperpanjang harapan hidup pasien.

 

Referensi Ilmiah:

  1. American Journal of Clinical Nutrition, "Diet Quality and Major Chronic Disease Risk in Men and Women: Moving toward Improved Dietary Guidance"
  2. Diabetologia, "Physical activity and survival in type 2 diabetes: the Fremantle Diabetes Study"
  3. https://www.in-ingredients.com/in-ingredients-cinnulin-pf; Paul Crawford et al. Assessment of the effect of lIfestyle intervention plus water soluble cinnamon extract On lowering blood glucose in pre-diabetics, a randomized, double-blind, multicenter, placebo controlled trial: study protocol for a randomized controlled trial. Trials. 2016; 17: 9. Published online 2016 Jan 5.
  4. Dugoua JJ, Seely D, Perri D, Cooley K, Forelli T, Mills E, Koren G. From type 2 diabetes to antioxidant activity: a systematic review of the safety and efficacy of common and cassia cinnamon bark. Can J Physiol Pharmacol. 2007;85:837–847. doi: 10.1139/Y07-080.
  5. Vallianou, N., Evangelopoulos, A., & Koutalas, P. (2009). Alpha-lipoic Acid and diabetic neuropathy. The review of diabetic studies: RDS, 6(4), 230–236. https://doi. org/10.1900/RDS.2009.6.230, https://ihavepn.com/nutritional-supplements/cinnamon.