Nutrisi pertumbuhan anak memegang peran yang penting dalam tumbuhkembang anak, terutama saat anak-anak sedang dalam masa pertumbuhan yang aktif. Pertumbuhan anak umumnya dikaitkan dengan pertambahan tinggi dan berat badan. Pengukurannya dilakukan dengan cara menimbang berat badan, mengukur tinggi badan dan juga lingkar kepala. 

Salah satu cara untuk menunjang pertumbuhan anak agar maksimal adalah dengan pemberian makanan yang sehat dan bergizi lengkap. Makanan yang disajikan pada anak setidaknya harus mengandung karbohidrat, protein, serat, mineral, vitamin,lemak dan juga kalsium. Selain itu pemberian makanan sehat dan bergizi lengkap ini juga bisa ditunjang dengan pemberian susu pertumbuhan.

Pada umumnya susu untuk pertumbuhan anak sudah diolah dengan difortifikasi berbagai nutrisi pertumbuhan anak, seperti misalnya:

Kalsium

Salah satu nutrisi pertumbuhan anak yang sangat penting dan harus ada di dalam makanan maupun suplemen anak adalah kalsium. Kandungan ini sangat penting untuk kesehatan tulang dan gigi anak. 

Adapun beberapa manfaat dari kalsium yaitu dapat membantu meningkatkan kepadatan tulang, membantu anak agar tumbuh tinggi lebih maksimal, memperkuat kekebalan tubuh, menjaga sistem kardiovaskular, serta membantu peningkatan kecerdasan anak. 

Beberapa sumber kalsium yang sangat baik untuk anak-anak diantaranya susu, yogurt dan keju. Ada juga ditemukan  kalsium dalam berbagai jenis bahan pangan seperti telur, selada, ikan teri, edamame, kacang almond, kacang kedelai beserta olahannya.

Zinc

Setiap anak yang sedang dalam  masa pertumbuhan memiliki kebutuhan akan zinc, hanya saja mungkin jumlah kebutuhannya berbeda. Zinc menjadi salah satu nutrisi pertumbuhan anak yang harus ada di dalam kandungan susu untuk pertumbuhan. 

Manfaat zinc ini sangat beragam, beberapa diantaranya dapat membantu mengatasi diare, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membantu meningkatkan daya ingat dan kemampuan belajar serta dapat menunjang optimalisasi pertumbuhan anak-anak.

Kekurangan zinc pada anak dapat menyebabkan berbagai gejala, seperti diantaranya rambut rontok, hilang nafsu makan, diare, perubahan perilaku, luka yang sulit sembuh dan juga menjadi kurang waspada. Zinc dapat diperoleh dari bahan pangan seperti susu, telur, daging, kacang-kacangan, gandum utuh, kerang dan biji-bijian. 

Vitamin A

Vitamin A merupakan nutrisi pertumbuhan anak yang sangat baik untuk kesehatan tulang dan juga mata. Tak hanya itu, vitamin A juga berfungsi untuk membantu menjaga tubuh dari adanya infeksi, menjaga pertumbuhan sel dan jaringan dalam tubuh mulai dari rambut, kuku kulit serta menjaga kesehatan tubuh secara umum. 

Sumber vitamin A dapat diperoleh dari makanan seperti hati ayam, daging sapi, susu serta aneka sayur dan buah yang berwarna cerah seperti wortel.

Vitamin D

Kesehatan dan kekuatan tulang serta gigi untuk anak yang sedang dalam masa pertumbuhan adalah hal yang sangat penting. Keduanya memiliki peran besar dalam pertumbuhan anak, sehingga asupan nutrisinya juga harus benar-benar diperhatikan. Vitamin D merupakan salah satu nutrisi yang penting untuk membantu tubuh dalam penyerapan kalsium.

Vitamin D dan kalsium ini sangat baik untuk pembentukan gigi serta tulang kuat. Vitamin D ini bisa didapatkan dari berbagai bahan pangan seperti ikan, telur, tempe dan tahu. Anak-anak juga bisa diajak untuk berjemur rutin setiap harinya sekitar 10 - 15 menit agar mendapat paparan dari sinar matahari. 

Vitamin C

Di dalam tubuh anak, vitamin C memiliki peranan yang tak kalah penting dari nutrisi lainnya. Vitamin C bertugas untuk melakukan pembentukan sekaligus perbaikan pada sel darah merah, jaringan di dalam tubuh dan juga pada tulang. Fungsi lain dari vitamin C di dalam tubuh anak-anak adalah untuk membantu memperkuat sistem imun atau kekebalan tubuh, membantu proses penyembuhan luka agar lebih cepat, menjaga gusi agar tetap sehat, membantu tubuh dalam menyerap zat besi, serta pencegahan infeksi.

Vitamin C mudah didapatkan dari berbagai macam buah, seperti nanas, jeruk, pepaya, melon dan lain sebagainya. 

Vitamin E

Pertumbuhan pada anak terkait dengan kondisi kesehatan sel dalam tubuh. Jika sel dapat berkembang dengan baik tanpa adanya gangguan kerusakan dari radikal bebas, maka pertumbuhan anak juga dapat semakin membaik. Di sinilah vitamin E memiliki peran, yaitu sebagai penangkal zat radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan pada sel-sel di dalam tubuh.

Selain itu, vitamin E juga memiliki tugas untuk menjaga sistem imunitas, membantu proses metabolisme dan juga memperbaiki DNA. Sumber vitamin E dapat diperoleh dari bayam, alpukat, serta biji-bijian. 

Zat Besi

Nutrisi pertumbuhan anak yang juga sangat penting yaitu zat besi, yang salah satu diantara fungsinya yaitu memproduksi hemoglobin. Hemoglobin ini adalah pigmen merah yang bertugas membawa oksigen dalam darah. Selain itu zat besi juga berperan untuk memproduksi mioglobin atau pigmen yang bertugas menyimpan oksigen di dalam otot. 

Anemia adalah efek samping bagi seorang anak yang kekurangan zat besi. Biasanya gejala yang timbul akibat anemia diantaranya lemas, letih, lelah, dan menjadi mudah tersinggung. Untuk mencukupi kebutuhan zat besi, anak-anak bisa diberikan makanan berupa hati, daging, ikan, dan kuning telur. 

Pemberian makanan dengan kandungan nutrisi di atas memang sangat disarankan. Akan tetapi tentu kondisi masing-masing anak berbeda, hingga dapat mengakibatkan asupan nutrisi menjadi kurang. Karenanya orang tua bisa menambahkan asupan suplemen nutrisi pertumbuhan anak. 

Starkidz Premium Coklat adalah salah satu produk susu New Zealand untuk pertumbuhan anak sejak usia 1 tahun  hingga 12 tahun. Starkidz telah difortifikasi dengan berbagai macam nutrisi. Mulai dari kualitas bahan susu New Zealand yang merupakan kualitas susu yang terbaik. Selain itu terdapat berbagai jenis vitamin dan mineral, tinggi kandungan kalsium, zinc, dan juga dilengkapi dengan minyak ikan serta temulawak.

Wajib Anda ketahui bahwa Susu New Zealand merupakan susu dengan kualitas terbaik di dunia, kenapa susu sapi dari New Zealand bisa termasuk susu dengan kualitas terbaik di dunia? Semua itu tidak terlepas dari faktor pola makan dari hewan sapi tersebut dan juga lingkungan yang mendukung disekitar peternakan di negara New Zealand.

Terlihat dari pakan rumput yang dikonsumsi oleh hewan sapi sangatlah berkualitas dikarenakan rumput hijau yang sangat rimbun serta iklim yang mendukung menjadikan sapi dapat mengembala sepanjang waktu di padang rumput yang hijau.

Dikarenakan pakan rumput yang sangat berkualitas di New Zealand menghasilkan susu sapi dengan asam lemak yang lebih seimbang. Bukti bahwa rasio asam lemak yang seimbang antara lemak omega-3 dan omega-6 menjadi sangat penting bagi kesehatan manusia.

Hasil dari susu sapi New Zealand yang diberikan makan rumput memiliki kandungan Omega 3 & 6 lebih tinggi, CLA (Conjugated Linoleic Acid), Beta-carotene (Vitamin A), Vitamin D, E, K & K2 yang lebih tinggi dibandingkan dengan susu sapi yang diberi makan biji-bijian.

Melihat manfaat dari keunggulan susu sapi New Zealand, produsen UNIHEALTH memberikan kualitas terbaik kepada konsumen Starkidz dengan menggunakan susu sapi dari New Zealand yang memiliki kualitas bahan yang sangat berkualitas terbaik. Saat ini Starkidz tersedia dalam berbagai macam varian rasa, mulai dari vanilla, coklat, premium coklat dan premium vanila. Selalu pastikan nutrisi pertumbuhan anak Anda tercukupi, untuk mendukung tumbuh kembangnya yang maksimal.