Sistem imun yang kuat menjadi salah satu faktor penting dalam proses penyembuhan pasien positif Covid-19. Terlebih sejauh ini belum ditemukan obat khusus yang mampu menyembuhkan Covid-19 sehingga sistem imun menjadi satu-satunya benteng pertahanan diri yang bisa diandalkan.

Mengonsumsi makanan bergizi, multivitamin, dan mineral bisa meningkatkan sistem imun untuk melawan virus maupun bakteri penyebab penyakit. Sayangnya kesadaran publik akan makanan bergizi, multivitamin dan mineral masih cukup rendah. Padahal berbagai studi telah menjelaskan bahwa pola makan seimbang dibutuhkan dari waktu ke waktu untuk menjaga sistem imun tubuh.

Mengapa Orang Sakit Membutuhkan Asupan Multivitamin dan Mineral?

Pada umumnya, pasien positif Covid-19 dapat sembuh setelah 2-6 minggu menjalani perawatan intens. Salah satu faktor yang dapat mempercepat proses penyembuhannya adalah terpenuhinya asupan vitamin dan mineral dalam tubuh.

Asupan ini dapat meningkatkan kesehatan tubuh, mengimbangi gizi yang tidak seimbang dari pola makan, dan mencegah terjadinya penyakit atau gejala berat. Manfaat multivitamin dan mineral akan memenuhi kebutuhan nutrisi harian tubuh yang selama ini tidak tercukupi dari pola makan harian. Seperti misalnya kebutuhan vitamin D, vitamin A, vitamin C, serat, dan kalium.

Selain itu, pemberian multivitamin dan mineral juga bisa mencegah terjadinya Long Covid, yaitu kondisi di mana gejala masih dirasakan oleh pasien Covid-19 lebih dari 6 minggu. Dilansir dari laman resmi WHO, Long Covid berisiko menyebabkan sakit jangka panjang dan mengubah kondisi kesehatan seseorang. 

Long Covid juga bisa diperparah apabila terdapat beberapa faktor seperti obesitas, tekanan darah, dan kondisi mental. Sehingga, penting untuk menjaga ketiga faktor tersebut agar tetap dalam keadaan baik dengan mengonsumsi pola diet bergizi seimbang dan memenuhi asupan multivitamin serta mineral tubuh.

Apa saja Vitamin dan Mineral yang utama dibutuhkan saat penyembuhan?

Untuk mempercepat proses penyembuhan Covid-19, ada beberapa vitamin dan mineral yang perlu Anda konsumsi, yaitu:

  1. Zinc

    Dalam proses penyembuhan pasien Covid-19, zat mineral Zinc dibutuhkan untuk membantu pertumbuhan sel, sintesis DNA, dan memperkuat kekebalan tubuh. Pemberian suplemen Zinc dianjurkan bagi orang yang kekurangan mineral atau sedang sakit. 

    Umumnya, kebutuhan mineral Zinc untuk pria dewasa adalah 11mg/hari, maksimal 34mg/hari. Wanita dewasa membutuhkan 9mg/hari, maksimal 34mg/hari sedangkan anak-anak dan bayi membutuhkan sekitar 9-12mg/hari.

  2. Vitamin C
    Vitamin C merupakan nutrisi pembentuk kolagen yang dapat merawat kesehatan tulang dan gigi. Selain itu, vitamin C juga efektif menjaga kesehatan jantung, pembuluh darah, dan dipercaya mampu meningkatkan sistem imunitas.

    Mengonsumsi vitamin C menjadi sangat penting mengingat fungsinya yang cukup vital dalam menjaga kesehatan tubuh. Konsumsi vitamin C 500mg per hari dinilai aman dengan batas toleransi 2000 mg. Dengan memenuhi kebutuhan vitamin C harian, maka proses penyembuhan sel tubuh yang rusak akan lebih optimal.

    Anda bisa mengonsumsi suplemen Pureway C yang mengandung 500 mg vitamin C, 162 mg Calcium, Beta Glucan, dan Citrus Bioflavonioids. Konsumsi 1 tablet per hari untuk mencukupi kebutuhan multivitamin dan mineral Anda.



    Pureway C merupakan Vitamin C-Lipid Metabolites yang telah dipatenkan. Pureway-C (setara vitamin C) 300mg Citrs Bioflavonoids 100mg. Vitamin C-Lipid Metabolites adalah generasi terbaru vitamin C yang lebih cepat diserap tubuh dan bertahan lebih lama di dalam tubuh dibandingkan vitamin C biasa yang dapat membantu memelihara daya tahan tubuh, serta yang paling penting sangat aman di lambung (cocok bagi penderita maag).
  3. Vitamin D
    Sejauh ini vitamin D terkenal sangat bermanfaat menjaga kesehatan tulang. Padahal sebenarnya manfaat vitamin D bukan hanya itu saja. Vitamin D justru bermanfaat untuk mencegah berbagai penyakit serius, termasuk gejala yang muncul akibat Covid-19.

    Meski umum disebut sebagai vitamin, sejatinya vitamin D juga termasuk pro-hormon. Vitamin D dapat diproduksi oleh tubuh dari sinar UV matahari yang diserap kulit. Menurut penelitian, vitamin D juga bermanfaat untuk mengurangi risiko kanker, diabetes, dan beberapa penyakit autoimun.

    Anda bisa mendapatkan vitamin D secara alami dari sinar matahari dengan cara rajin berjemur di pagi hari. Berjemur bisa dilakukan selama 10-15 menit secara rutin pada pukul 10:00-11:00 pagi. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi multivitamin yang mengandung berbagai jenis vitamin, seperti Adult Formula yang tinggi akan vitamin D. 



    Adult formula adalah multivitamin, multimineral, dan antioksidan paling lengkap, dengan 3 daya kerja:

    - Concentration (Meningkatkan konsentrasi).
    - Endurance (Stamina & Daya tahan tubuh).

    - Detoxifying (Membersihkan racun/toksin dalam tubuh). Satu kaplet perhari setelah makan, mampu memenuhi Kebutuhan Vitamin, Mineral & Antioksidan Anda sehari hari!

    Selain itu Adult formula juga memiliki kandungan yang aman seperti :

    - Formulasi premium dari Swiss dengan kandungan 17 multivitamin, Mineral dan Antioksidan.
    - Mudah terserap ke dalam tubuh.
    - Mengandung folic acid, selenium dan calcium untuk mencegah anemia (kekurangan darah).
    - Bahan baku yang teruji klinis.
    - Aman digunakan jangka panjang.

  4. Vitamin B Kompleks

    Secara umum, vitamin B kompleks memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan tubuh dan memelihara fungsi organ otak, pencernaan, mata, jantung, hingga saraf. Vitamin B Kompleks juga membentuk sel darah merah dan memperbaiki metabolisme sel.

    Untuk memastikan vitamin B Kompleks terpenuhi, Anda bisa mengonsumsi Adult Formula. Suplemen ini mengandung berbagai multivitamin. Di antaranya vitamin B1, vitamin B2, vitamin B6 HCI, dan berbagai zat mineral penting yang dibutuhkan tubuh.

    Memenuhi kebutuhan vitamin B tubuh akan mempercepat proses pemulihan saat sakit dan dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Mengingat dalam kondisi Covid-19 pasien tidak memiliki obat khusus untuk menyembuhkan Covid-19 maka pemberian suplemen dan multivitamin menjadi sangat penting.

  5. Curcumin

    Curcumin merupakan salah satu kandungan di dalam temulawak yang memiliki banyak manfaat. Melalui Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM), temulawak sudah ditetapkan sebagai suplemen kesehatan di tengah pandemi Covid-19.

    Secara umum, Curcumin dapat memelihara daya tahan tubuh dan memiliki sifat antiradang. Itu artinya, Curcumin secara efektif meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan mampu melawan infeksi dan anti inflamasi.

    Menurut studi dalam jurnal MDPI tahun 2017, disebutkan bahwa mengonsumsi Curcumin saja tidak dapat memberi manfaat yang signifikan karena pengaruh penyerapan yang buruk. Oleh sebab itu, Curcumin perlu dikombinasikan dengan multivitamin dan mineral. Seperti salah satunya yang terkandung pada Adult Formula dan Pureway C.

    Kombinasi pola makan yang bergizi tinggi, multivitamin, mineral, dan herbal dapat mempercepat proses penyembuhan pasien Covid-19 sehingga tidak muncul gejala berat. Sistem imun yang kuat juga akan mempercepat proses penyembuhan karena tubuh mampu melawan virus dan bakteri di dalam sel.