Di tengah pandemi Covid-19, penting bagi Anda untuk mengonsumsi mineral dan vitamin yang mengandung antioksidan tinggi. Selain dapat menangkal radikal bebas, antioksidan juga mampu menambah kekuatan imun tubuh. Itulah yang menjadi alasan pentingnya antioksidan untuk memperkuat imun tubuh saat pandemi.

Imun tubuh menjadi salah satu benteng pertahanan alami yang berada di dalam tubuh manusia dan bertugas untuk menangkal berbagai penyakit. Dengan imun tubuh yang kuat, tubuh Anda tidak mudah terpapar bakteri dan virus penyebab penyakit, termasuk Covid-19.

Peran Antioksidan dalam Menangkal Penyakit

Antioksidan adalah molekul yang ada di dalam sel dan bekerja mengambil elektron sehingga radikal bebas tidak mengakibatkan kerusakan sel. Kandungan antioksidan dalam tubuh manusia berperan aktif menangkal radikal bebas sehingga aman terkendali.

Apabila kekurangan antioksidan, maka paparan radikal bebas secara terus-menerus dapat meningkatkan risiko terjadinya berbagai penyakit. Seperti kanker, penyakit jantung, demensia, dan lain sebagainya. 

Sering terpapar radikal bebas juga membuat imun tubuh melemah dan rentan sakit-sakitan. Di masa pandemi seperti sekarang, pentingnya antioksidan untuk memperkuat imun tubuh saat pandemi agar terhindar dari Covid-19.

Nah, agar bisa tetap beraktivitas dengan produktif dan terhindar dari radikal bebas maupun berbagai penyakit, maka Anda perlu mengonsumsi makanan tinggi antioksidan. Makanan tinggi antioksidan bisa didapatkan melalui buah-buahan dan sayur-sayuran. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi suplemen yang mengandung antioksidan tinggi.

Jenis Makanan Tinggi Antioksidan

Pentingnya antioksidan untuk memperkuat imun tubuh saat pandemi menjadi alasan kuat mengapa Anda harus meningkatkan konsumsi sayur dan buah. Selain itu, di masa pandemi Covid-19, Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan sehat yang diolah secara alami. Sumber makanan yang mudah didapat dan memiliki kandungan tinggi antioksidan adalah sayur dan buah-buahan.

Berikut ini beberapa jenis makanan yang mengandung antioksidan tinggi.

  1. Asparagus

    Beberapa dari Anda mungkin kurang familiar dengan asparagus. Sayuran dengan aroma yang khas ini bisa dikreasikan menjadi menu masakan yang lezat. Seperti sop, tumis, panggang, hingga rebus. Asparagus juga mengandung glutation, yaitu enzim yang membentuk zat antioksidan. 

    Sayuran batang hijau ini juga bermanfaat untuk menjaga saluran pencernaan dan kinerja ginjal. Di dalamnya terdapat karbohidrat inulin yang memaksimalkan sistem kekebalan tubuh. Mengonsumsi asparagus secara rutin bisa meningkatkan imun tubuh agar Anda terhindar dari berbagai penyakit. 

  2.  Tomat
    Pentingnya antioksidan untuk memperkuat imun tubuh saat pandemi menjadi alasan Anda perlu mengonsumsi tomat. Pasalnya buah yang satu ini memiliki banyak kandungan antioksidan dari likopen, karotenoid, glutation, dan betakaroten

    Tak heran jika tomat mampu menekan berbagai risiko kerusakan tubuh. Seperti penyakit paru-paru, usus, mata, prostat, hingga payudara. Kandungan antioksidan dan vitamin C dalam tobat juga mampu meningkatkan daya tahan tubuh menjadi lebih prima.

  3. Kubis Ungu
    Pentingnya antioksidan untuk memperkuat imun tubuh saat pandemi menjadi alasan banyak orang harus meningkatkan konsumsi sayuran. Salah satunya adalah kubis ungu yang mengandung anthocyanin untuk mengurangi risiko kanker, serangan jantung, hingga berbagai paparan penyakit lainnya termasuk Covid-19. 

    Uniknya, jika Anda merebus kubis ungu maka kandungan anthocyanin akan meningkat hingga empat kali lipat. Kandungan vitamin C padad kubis ungu juga dapat secara aktif memperkuat sistem imun tubuh dan menlindungi sel dari paparan radikal bebas.

  4. Brokoli
    Sayur brokoli begitu populer bagi mereka yang menjalankan pola hidup sehat. Brokoli dengan bentuk yang menyerupai pohon kecil ini memang memiliki banyak manfaat. Salah satunya adalah antioksidan tinggi yang dapat menurunkan risiko kanker dan dampak dari radikal bebas.

    Terdapat senyawa polifenal, karotenid, lutein, tocopherol, dan glucosinolat di dalam brokoli yang secara aktif mampu meningkatkan imun tubuh. Pentingnya antioksidan untuk mememperkuat imun tubuh saat pandemi melalui sayur brokoli bisa mengurangi risiko berbagai penyakit, termasuk Covid-19.
  5. Stroberi
    Selain sayur-sayuran, Anda juga bisa mendapat manfaat lewat buah stroberi yang tinggi antioksidan. Stroberi secara aktif meningkatkan daya tahan tubuh manusia lewat berbagai kandungan vitamin dan mineralnya.

    Buah rendah kalori ini juga mengandung antosianin yang dapat menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh. Itulah pentingnya antioksidan untuk memperkuat imun tubuh saat pandemi karena dengan mengonsumsinya tubuh Anda menjadi lebih sehat.



  6. Blueberry
    Rutin mengonsumsi blueberry dapat meningkatkan imun dan antioksidand dalam tubuh Anda. Blueberry bisa dibilang menjadi buah dengan antioksidan tertinggi karena per 100 gramnya mengandung 9,2 mmol antioksidan dengan skor ORAC mencapai 9.019.

    Selain kaya akan antioksidan, blueberry juga mengandung vitamin C, vitamin K, dan mangan yang mampu menjaga sistem imun tubuh Anda. Tak hanya itu, blueberry juga memiliki manfaat menunda penurunan fungsi otak yang biasa terjadi seiring pertambahan usia.



  7. Plum
    Sumber antioksidan juga bisa Anda dapat lewat buah plum. Buah ini mengandung fenol, yaitu antioksidan yang mencegah peradangan, pembengkakan, dan kerusakan sel dalam tubuh. Plum juga kaya akan vitamin C, zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Untuk menjaga sistem kekebalannya.

  8. Mangga
    Buah mangga pastinya sudah tidak asing lagi bagi Anda. Tapi siapa sangka kalau ternyata mangga memiliki peran dalam pentingnya antioksidan untuk memperkuat imun tubuh saat pandemi. Mangga mengandung flavonoid yang dapat meningkatkan antioksidan dalam tubuh.

    Selain itu, mangga juga kaya akan vitamin A sehingga mampu menjaga kesehatan mata dan kesehatan kulit.

Nah, itulah beberapa informasi seputar pentingnya antioksidan untuk memperkuat imun tubuh saat pandemi dan makanan apa saja yang tinggi antioksidan, selain dari makanan bisa ditambah dengan suplemen antioksidan atau Nutrasetika bahan alam dari produk UNI HEALTH seperti Magozai dan Asta-Gen.

Magozai adalah produk herbal yang terbuat dari kombinasi ekstrak kulit Manggis, Goji Berry dan Acai Berry. Ketiga bahan utama ini diolah demikian rupa dan dicampurkan dengan berbagai kandungan herbal lainnya sehingga terbukti memiliki kandungan antioksidan yang sangat kuat yaitu 102.570 micromole/liter, dan telah diuji oleh Brunswick Laboratories, USA yang merupakan laboratorium internasional dalam pengujian kadar antioksidan. Antioksidan memiliki peran dalam memperbaiki sel tubuh yang rusak akibat radikal bebas, dan dapat menjaga daya tahan tubuh terhadap mikroba, maupun virus.

Asta Gen merupakan ASTAxanthin reGENeration, Astaxanthin sering disebut sebagai Raja Karotenoid karena reputasinya sebagai salah satu antioksidan paling kuat yang dapat ditemukan di alam.

Zat ini sangat penting karena tidak pernah berubah menjadi pro-oksidan. Artinya, zat ini tidak akan pernah menyebabkan terjadinya oksidasi yang merusak tubuh, sekaligus menjadikannya zat dengan manfaat dan kinerja yang sempurna bagi kesehatan. Astaxanthin yang cocok dan aman untuk dikonsumsi manusia adalah yang berasal dari tumbuhan ganggang Haematococcus pluvialis.

Astaxanthin adalah golongan karotenoid alami yang memiliki sifat antioksidan dan kekuatan anti penuaan melawan radikal bebas 500x dari Vitamin E, 560x dari Green Tea, 800x dari CoQ10, 3000x dari Resveratrol, 6000x dari Vitamin C.