Cara merawat mata agar tetap sehat dan jernih - Sama pentingnya dengan organ tubuh lainnya, kesehatan mata juga harus dijaga dengan baik. Mata yang selama ini berfungsi sebagai jendela kehidupan seringkali justru diabaikan kesehatannya. Tanpa Anda sadari gaya hidup Anda yang selalu terpaku pada layar smartphone, membaca sambil tiduran, kurang mengkonsumsi buah dan sayur, ternyata dapat merusak kesehatan mata.

Sebenarnya cara merawat mata agar tetap sehat dan jernih tidaklah sulit, asalkan Anda konsisten dan mau menerapkan gaya hidup yang lebih sehat. Berikut ini adalah beberapa tips cara merawat mata agar tetap sehat dan jernih yang bisa Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Melindungi Kerusakan Mata Akibat Matahari

Tahukah Anda bahwa selain dapat merusak kulit cahaya matahari langsung juga bisa merusak mata Anda? Ya, benar sekali, sinar ultraviolet atau UV yang dipancarkan matahari memang dapat menyebabkan kerusakan pada mata.

Untuk  itu, lindungi mata Anda dari kerusakan akibat cahaya matahari dengan cara menggunakan kacamata yang sudah dilengkapi dengan lensa UV400. Kacamata dengan jenis lensa ini sudah bisa melindungi mata dari pancaran UV hingga 100%. 

Selain itu, hindari juga untuk menatap matahari secara langsung. Karena selain silau juga bisa merusak mata Anda. 

Hindari Membaca di Tempat yang Redup

Salah satu cara merawat mata agar tetap sehat dan jernih adalah dengan tidak membaca buku di tempat yang pencahayaannya redup. Cahaya redup membuat mata bekerja lebih keras agar bisa menjaga fokus. 

Hal ini akan memicu ketegangan otot pada mata, sehingga membuat mata cepat lelah. Jika dilakukan terus-menerus tentu saja hal ini dapat memicu kerusakan pada mata Anda. 

Konsumsi Buah dan Sayur

Untuk menjaga agar mata Anda tetap sehat, maka konsumsilah buah dan sayur setiap hari utamanya yang  mengandung banyak beta karoten. Beberapa contoh sayur dan buah yang banyak mengandung beta karoten adalah wortel, bayam, melon dan banyak lagi lainnya. 

Beta karoten merupakan suatu zat antioksidan yang mampu membantu mengurangi resiko degenerasi makula. Sehingga zat ini juga bisa membantu menjaga kesehatan mata Anda.

Konsumsi Air Putih yang Cukup

Selain menjaga tubuh dari resiko dehidrasi, ternyata mengkonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup juga bisa menjadi salah satu cara merawat mata agar tetap sehat dan jernih . Air putih dapat membantu menjaga fungsi normal dari mata, sehingga mata tidak bekerja lebih keras dari seharusnya. 

Hindari Penggunaan Lensa Kontak Berlebihan

Jika Anda merupakan seseorang yang harus menggunakan lensa kontak untuk memudahkan kegiatan sehari-hari, maka sebaiknya hindari penggunaan yang terlalu lama. Penggunaan lensa kontak seharusnya tidak boleh lebih dari 19 jam setiap harinya.

Jika penggunaan lebih dari 19 jam, lensa kontak dikhawatirkan akan membuat kerusakan permanen pada mata dan juga menimbulkan rasa tidak nyaman pada mata Anda. 

Sering Melakukan Latihan Mata

Cara merawat mata agar tetap sehat dan jernih yang selanjutnya yaitu dengan sering melakukan latihan atau senam mata. Saat Anda merasa mata Anda sudah mulai lelah atau pegal, maka cobalah untuk melakukan senam mata sebentar saja. Senam mata terbukti mampu mengurangi resiko sindrom mata kering dan juga ketegangan otot mata.

Lakukan Pemeriksaan Rutin

Menurut Glaucoma Research Foundation rentang waktu yang normal untuk melakukan pemeriksaan mata secara rutin adalah 2 hingga 4 tahun sekali. Pemeriksaan rutin membantu Anda untuk  mengetahui adanya gejala kerusakan pada mata, sehingga bisa diatasi sejak dini dan mencegah kerusakan yang lebih parah pada mata Anda. 

Menambah Asupan Suplemen

Untuk menjaga kesehatan mata, selain dengan mengkonsumsi sayur dan buah Anda juga bisa menambahkan asupan suplemen mata. Suplemen berfungsi untuk menjaga asupan kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan mata agar tetap dapat bekerja secara normal dan baik, sehingga dapat menghindarkannya dari kerusakan.

Nutrimat merupakan nutrisi farmasi untuk kesehatan mata dari Unihealth yang mengandung vitamin E 40 mg, retinol 1600 IU, betacaroten 5 mg, ekstrak bilberry 80 mg.

Nutrimat sendiri diformulasikan secara khusus untuk meningkatkan kualitas kesehatan mata dan dapat menurunkan risiko dari berbagai masalah pada mata. Dengan menggunakan bahan baku alami dan kaya akan antioksidan serta menggunakan sistem Standarized Herbal Extract (Pharmacy Grade) yang menghasilkan konsentrat bahan aktif yang tepat dan stabil. 

Nutrimat membantu ibu sebagai suplemen mata bagi anak untuk menjaga kesehatan mata dari gaya hidup seperti kondisi saat ini yang terbilang sangat terpengaruh penggunaaan gadget atau smartphone.

Mengurangi Pemakaian Obat Tetes Mata

Saat Anda mengalami mata merah karena terkena kotoran atau debu, umumnya Anda akan meneteskan beberapa tetes obat mata bukan? Hal ini memang boleh saja dilakukan, akan tetapi ternyata tidak boleh terlalu sering. 

Penggunaan obat tetes mata yang dijual bebas di pasaran sebaiknya tidak digunakan terus-menerus karena justru dapat menyebabkan iritasi parah dan membuat kerusakan pada mata. 

Jika Anda mengalami masalah mata merah selama lebih dari tiga hari, maka langkah terbaik adalah dengan memeriksakan diri ke dokter spesialis mata agar dicari tahu apa akar masalahnya. 

Menjaga Berat Tubuh Tetap Ideal

Adakah hubungan antara kesehatan mata dengan berat tubuh yang ideal? Tentu saja ada. Berat badan yang ideal menjaga tubuh Anda agar tidak terserang diabetes mellitus tipe 2. Diabetes ini dapat menimbulkan peningkatan gula darah secara abnormal, yang berefek pada meningkatkan resiko retinopati diabetik. 

Retinopati diabetik ini merupakan gangguan kesehatan pada mata yaitu berupa kerusakan pada pembuluh darah yang ada di jaringan belakang mata akibat penyakit diabetes. Untuk itu, demi menjaga mata Anda tetap sehat maka cobalah untuk mengontrol berat badan Anda agar tetap ideal dan tidak obesitas. 

Berhentilah Merokok

Tak hanya menyebabkan masalah kesehatan pada paru-paru, merokok rupanya bisa merusak kesehatan mata. Hal ini dikaitkan dengan resiko degenerasi makula yang berkaitan dengan katarak, faktor usia, serta rusaknya saraf optik yang mana ketiga hal tersebut dapat memicu kebutaan. 

Ada banyak cara merawat mata agar tetap sehat dan jernih, asalkan Anda konsisten dalam menjalankannya maka memiliki mata yang sehat meski usia sudah renta bukanlah suatu kemustahilan.