Meningkatkan imun tubuh agar tetap sehat - Di musim pandemi seperti saat ini, menjaga imun tubuh agar tetap kuat adalah sebuah keharusan. Selain menjaga agar tubuh tetap sehat, imun tubuh yang kuat juga bisa membantu Anda agar terhindar dari serangan virus corona dan juga berbagai virus dan bakteri lainnya. 

Ada beberapa trik jitu untuk meningkatkan imun tubuh agar tetap sehat yang wajib Anda ketahui dan praktekkan, beberapa diantaranya: 

Berolahraga secara Rutin

Tak hanya membuat tubuh menjadi lebih bugar, olahraga yang dilakukan secara rutin rupanya juga bisa membantu meningkatkan imun tubuh agar tetap sehat. 

National Institute of Health menyatakan bahwa kegiatan olahraga yang dilakukan rutin dapat merangsang kerja antibodi dan juga sel darah putih. Dengan begitu maka sistem imun dalam tubuh juga akan ikut meningkat.

Untuk Anda yang hobi melakukan olahraga aerobik, Anda dapat mengambil porsi olahraga 75 menit per minggunya. 

Jaga Kebersihan Diri dan Lingkungan Sekitar

Salah satu cara untuk meningkatkan imun tubuh agar tetap sehat adalah dengan menjaga kebersihan diri dan juga lingkungan sekitar. menjaga kebersihan diri dapat dilakukan dengan cara mandi setidaknya sehari dua kali atau setiap kali selesai beraktivitas di luar rumah. Jangan lupa juga untuk rutin mencuci tangan dalam setiap kesempatan, seperti saat akan makan, minum, sehabis dari kamar mandi, sehabis bersalaman dengan orang dan sebagainya.

Menjaga kebersihan lingkungan sekitar dapat dilakukan dari lingkungan rumah Anda sendiri. Caranya misalnya, memisahkan kandang hewan peliharaan agar kotorannya tidak menyebar ke seluruh rumah, rutin melakukan desinfeksi, rutin menyapu dan mengepel, dan sebagainya. 

Tidur yang Cukup

Kurangnya durasi tidur dapat memicu tubuh anda stress, yang berujung pada penurunan daya tahan tubuh Anda. Untuk itu, selalu penuhi kebutuhan tidur Anda dengan cukup dan hindari begadang untuk hal yang tidak penting agar tubuh Anda tidak stres. Dengan begitu imun tubuh Anda akan semakin kuat dan membaik. 

Sebagai informasi tambahan, menurut National Sleep Foundation disebutkan bahwa orang dewasa secara umum membutuhkan waktu tidur sekitar 7 - 9 jam per harinya. 

Konsumsi Makanan dengan Gizi Seimbang

Untuk menjaga agar tubuh Anda tetap fit dan sehat, maka salah satu hal yang harus Anda perhatikan dengan seksama adalah asupan makanan. Asupan makanan yang bergizi akan membantu tubuh Anda lebih kuat dan sehat, untuk itu konsumsilah makanan dengan kadar gizi yang seimbang. 

Gizi seimbang berarti bahwa makanan yang Anda konsumsi sebaiknya mengandung berbagai macam zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah yang sesuai, tidak kurang maupun tidak berlebihan. Jika Anda memiliki diet khusus pada makanan tertentu, maka konsultasikan menu makanan Anda pada ahli gizi.

Mulailah Berhenti Merokok

Salah satu cara untuk meningkatkan imun tubuh agar tetap sehat adalah dengan berhenti merokok. Jika Anda ingin menjaga tubuh Anda dari berbagai jenis penyakit dan juga sekaligus meningkatkan sistem imun, maka berhentilah merokok sekarang juga.

Kandungan nikotin yang ada pada rokok dapat menyebabkan jumlah hormon stress atau kortisol di dalam tubuh Anda meningkat. Hal ini dapat memicu adanya penurunan produksi antigen sel T dan jug antibodi sel B, sehingga dapat menyebabkan penurunan sistem imun tubuh. 

Konsumsi Cukup Air Putih 

Tahukah Anda bahwa manusia bisa bertahan beberapa hari tanpa makanan, tapi tidak jika tanpa air? Ini menjadi bukti bahwa tubuh Anda sangat membutuhkan asupan air minum atau air putih yang cukup setiap harinya. Selain untuk mencegah dehidrasi, air putih juga dibutuhkan untuk menjaga agar fungsi tubuh dapat berjalan dengan baik dan normal. 

Lalu, seberapa banyak Anda harus mengkonsumsi air putih? Menurut  Institute of Medicine’s Food and Nutrition Board kebutuhan air putih bagi pria per harinya adalah 3,7 liter, sedangkan untuk wanita sebanyak 2,7 liter.

Mengelola Stress dengan Baik

Cara untuk meningkatkan imun tubuh agar tetap sehat yang selanjutnya adalah dengan  mengelola stress sebaik mungkin. Stress yang berlebih dapat memicu produksi hormon kortisol, sehingga dapat mengakibatkan penurunan sistem imun tubuh.

Anda dapat melakukan beberapa aktivitas agar dapat mengontrol stress dengan lebih baik. Misalnya saja dengan olahraga ringan yang dilakukan secara rutin, nature walk, menjalani hobi, aktif bersosialisasi meski hanya dari ponsel, dan sebagainya. Intinya adalah cari kegiatan yang dapat membuat Anda dan tubuh Anda menjadi lebih bahagia. 

Batasi Konsumsi Gula

Banyak ahli mengatakan bahwa gula adalah salah satu musuh besar bagi pencernaan, padahal pencernaan ini memiliki peran yang sangat besar bagi sistem imun atau  kekebalan tubuh manusia. Konsumsi gula berlebih dapat memicu adanya kenaikan berat badan yang signifikan, bahkan bisa juga menyebabkan obesitas.

Demi menjaga agar sistem imun Anda tetap kuat, maka sebaiknya kurangi dan batasi konsumsi gula harian Anda. 

Tambahkan Suplemen Makanan

Untuk membantu meningkatkan imun tubuh agar tetap sehat, Anda juga bisa menambahkan suplemen makanan berupa multivitamin dan juga multi mineral untuk konsumsi harian Anda sebagai upaya daya tahan tubuh. Ada beberapa jenis suplemen daya tahan tubuh yang boleh dikonsumsi rutin, namun ada juga yang tidak.

Seperti Adult Formula yang aman dikonsumsi karena merupakan multivitamin, multi mineral, dan antioksidan paling lengkap dengan 3 daya kerja, meningkatkan konsentrasi, stamina serta daya tahan tubuh, dan juga bisa sebagai pembersih racun/toksin dalam tubuh. 

Adult formula merupakan produk dari UNIHEALTH yang memiliki sebanyak 17 kandungan multivitamin, mineral dan antioksidan yang dapat dengan mudah terserap ke dalam tubuh. Secara pembuatan sudah terjadi dari bahan baku yang sudah teruji klinik dan aman digunakan dalam jangka panjang.

Rutin Berjemur

Tubuh memerlukan asupan vitamin D dari alam untuk bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Anda dapat melakukan kegiatan berjemur selama 10 hingga 15 menit setidaknya 2 atau 3 kali dalam seminggu. 

Untuk bisa meningkatkan imun tubuh agar tetap sehat, kegiatan berjemur sebaiknya juga dilakukan dengan tetap mengenakan pakaian, dan dilakukan pada sekitar pukul 8 hingga 9 pagi.