Cara menjaga kesehatan tulang dan sendi - Sendi merupakan bagian penting dalam tubuh yang dapat membuat Anda bisa menengok, menekuk lutut, menulis, berjalan, berlari, membungkuk, dan lainnya. Peranan sendi yang begitu penting ini membuatnya harus selalu dijaga agar tetap sehat meski usia Anda terus menua. Seperti yang Anda tahu, bahwa fungsi sendi biasanya memang akan menurun seiring dengan bertambahnya usia.

Salah satu penyebab rusaknya sendi adalah menipisnya bantalan tulang (tulang rawan dan cairan sinovium) yang  mengakibatkan adanya gesekan antara tulang. Lalu, bagaimana cara menjaga kesehatan tulang dan sendi agar tetap bisa berfungsi dengan baik?

Jangan Duduk dengan Durasi yang Lama

Salah satu cara menjaga kesehatan tulang dan sendi adalah dengan tidak duduk dalam rentang waktu yang cukup lama. Terlalu lama duduk entah itu sambil menonton tv, berkendara, mengetik, atau aktivitas lainnya ternyata dapat mengakibatkan gangguan kesehatan pada sendi. 

Apabila pekerjaan Anda menuntun banyak duduk, maka sebaiknya seringlah meregangkan tubuh dengan cara berdiri, menggerakkan tubuh sesaat, berjalan ke teras, atau ke pantry kantor, dan sebagainya. Saat tubuh Anda lebih banyak bergerak, maka persendian juga akan semakin lentur sehingga dapat mengurangi resiko gangguan sendi. 

Mengkonsumsi Makanan yang Bergizi

Cara menjaga kesehatan tulang dan sendi yang selanjutnya adalah dengan rutin mengkonsumsi makanan yang bergizi. Ada beberapa rekomendasi makanan yang baik untuk kesehatan sendi Anda, diantaranya:

  • Makanan yang mengandung banyak kalsium, seperti misalnya yogurt, kedelai dan susu. 
  • Makanan yang mengandung banyak vitamin D dan juga asam lemak omega 3, seperti ikan salmon dan ikan sarden. 
  • Buah dan sayuran yang berwarna, misalnya blueberry, delima, ceri, blackberry, jeruk, tomat, nanas dan paprika. 
  • Makanan dengan kandungan tinggi oksidan, misalnya bok choy dan brokoli. 
  • Makanan yang dapat mengurangi resiko inflamasi sendi, seperti kacang walnut, oatmeal, dan kunyit.

Hindari Makanan yang Berpotensi Merusak Sendi

Selain memperbanyak konsumsi makanan yang bergizi, Anda Juga harus menghindari makanan-makanan yang berpotensi merusak sendi. Umumnya makanan ini adalah makanan yang mengandung tinggi gula, lemak dan garam.

Beberapa contoh makanan yang mesti Anda hindari diantaranya soda, bir, dan bacon.

Menjaga Berat Badan yang Ideal

 

Cara menjaga kesehatan tulang dan sendi adalah dengan menjaga berat badan tubuh yang ideal. Hindari terlalu gemuk atau obesitas, karena hal ini akan membuat area pinggul, lutut, dan punggung Anda harus bekerja ekstra untuk menopang beban tubuh yang lebih besar.

Semakin tinggi berat badan seseorang, umumnya semakin besar pula resiko gangguan sendi dan tulang yang akan dirasakan. Jika Anda merasa memiliki gangguan sendi, mungkin salah satu penyebabnya adalah berat badan yang berlebih.

Berhenti Merokok

Menurut sebuah penelitian disebutkan bahwa merokok ternyata dapat mengakibatkan adanya gangguan kesehatan pada sendi dan juga tulang. Beberapa resiko yang dapat disebabkan oleh rokok adalah osteoporosis, serta resiko tulang yang rentan fraktur akibat menurunnya kepadatan tulang.

Rokok ternyata juga bisa meningkatkan risiko tendinitis, bursitis, rheumatoid arthritis dan juga nyeri pinggang.

Lakukan Olahraga Secara Teratur

Penelitian menunjukkan bahwa olahraga seperti aerobik mampu memacu kerja jantung, dan ini ternyata bisa membantu meredakan pembengkakan yang terjadi pada sendi. Untuk meningkatkan kekuatan otot yang menyangga sendi, Anda juga bisa melakukan olahraga berupa angkat beban ringan.

Apabila anda saat ini sedang mengalami masalah nyeri sendi, cobalah untuk  melakukan kegiatan olahraga yang tidak terlalu beresiko. Seperti misalnya berenang, jalan kaki santai, atau bersepeda.

Konsumsi Suplemen Khusus Tulang

salah satu cara menjaga kesehatan tulang dan sendi adalah dengan mengkonsumsi suplemen tulang. Pilihlah suplemen yang dapat memberikan asupan tulang dan sendi Anda, seperti Osteobooster.

Nutrasetika khusus yang bekerja dengan cara merangsang pembentukan cairan pada sendi, sehingga senda berfungsi secara optimal. Osteobooster ini juga dapat meningkatkan kelenturan persendian dan membantu dalam pembentukan serta perbaikan kesehatan pada tulang Anda.

Mulailah Memperbaiki Postur Tubuh Anda

Beberapa kebiasan buruk yang terlihat sepele namun dapat memicu kerusakan sendi adalah membungkuk, mengulang gerakan terlalu lama, dan juga mengangkat beban berat. Selain bisa merusak sendi, kebiasaan tersebut juga bisa menyebabkan resiko nyeri lutut dan nyeri punggung.

Untuk mengatasi hal ini, cobalah untuk membiasakan diri Anda duduk dan berdiri dengan posisi tegak. Segera beristirahat jika tubuh Anda sudah merasakan lelah. 

Lakukan Pemanasan dan Juga Pendinginan Saat Olahraga

Aktivitas pemanasan dan juga pendinginan memang kerap kali dianggap sepele dan tidak penting bagi sebagian orang. Padahal sebenarnya kedua kegiatan ini sangat penting guna mencegah adanya cedera sendi selama kegiatan olahraga berlangsung. 

Alangkah baiknya jika Anda sedang berolahraga apapun itu bentuknya, lakukan pemanasan dan pendinginan setidaknya lima menit sebelum dan sesudah berolahraga. 

Aktif Bergerak Sejak Usia Muda

Cara menjaga kesehatan tulang dan sendi agar tetap kuat hingga usia senja adalah dengan aktif bergerak sejak usia masih muda. Mungkin banyak orang mengira bahwa olahraga di masa tua bisa membantu mengatasi masalah sendi, faktanya menjaga kesehatan sendi justru harus dilakukan sejak usia Anda masih muda.  Cara termudahnya adalah dengan terus aktif bergerak. 

Hindari Konsumsi Alkohol

Alkohol memiliki efek buruk yang sama dengan merokok. Alkohol membuat sistem pencernaan tidak dapat bekerja dengan baik, sehingga akan mengganggu proses penyerapan nutrisi di dalam tubuh. Secara tidak langsung hal ini juga bisa berefek buruk pada kesehatan sendi dan tulang Anda.

Jika diperhatikan, sebenarnya cara menjaga kesehatan tulang dan sendi agar tetap sehat dan kuat tidaklah sulit, hanya saja memang membutuhkan konsistensi dari diri Anda sendiri.