Pencegahan Covid 19 agar Tidak Tertular Virus Corona - Virus corona atau Covid-19 telah mewabah dan menyerang jutaan orang di seluruh dunia. Hingga kini tercatat ada lebih dari 185 juta kasus Covid-19 di seluruh dunia. Oleh sebab itu, Anda perlu menerapkan pencegahan covid 19 agar tidak tertular virus corona

Pencegahan terbaik tentu saja berawal dari dalam diri Anda sendiri, yaitu dengan meningkatkan imun tubuh. Termasuk di antaranya dengan menerapkan pola hidup sehat dan mengelola stres agar tidak berkepanjangan. 

Langkah Perbaikan Imun Tubuh

Pencegahan covid 19 agar tidak tertular virus corona bisa diawali dengan memperbaiki imun tubuh. Proteksi dari dalam akan meningkatkan daya tahan tubuh Anda sehingga mampu melawan berbagai bakteri dan virus, termasuk Covid-19.

Untuk memperbaiki imun tubuh, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan, yaitu:

  • Memperbanyak konsumsi sayur dan buah
  • Istirahat cukup dengan waktu tidur sekitar 7-8 jam per hari.
  • Menghindari stres
  • Berolahraga rutin 30 menit setiap hari
  • Menghindari rokok dan alkohol
  • Mengonsumsi suplemen dan multivitamin

Dengan melakukan pencegahan covid 19 agar tidak tertular virus corona lewat cara ini, maka imun tubuh akan meningkat dan mampu memproteksi tubuh dari serangan penyakit.

Cara Mencegah Covid 19 agar Tidak Tertular Virus Corona

Ketika terinfeksi virus corona, seseorang akan mengalami beberapa gejala seperti demam, flu, dan batuk. Hingga saat ini belum ada obat yang dapat menyembuhkan infeksi virus corona. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengimbau publik untuk melakukan pencegahan covid 19 agar tidak tertular virus corona.

Beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk mencegah covid-19 agar tidak tertular virus corona di antaranya:

Mencuci Tangan dengan Benar

Aktivitas mencuci tangan menjadi sangat penting untuk diperhatikan selama pandemi covid-19 ini. Cucilah tangan Anda dengan air mengalir dan sabun selama minimal 20 detik. Pastikan seluruh tangan tercuci bersih, termasuk area punggung tangan, pergelangan, sela-sela jari dan kuku. Setelah itu keringkan tangan menggunakan handuk bersih atau tisu.

Jika saat ini mobilitas Anda tinggi atau sedang berada di transportasi umum yang sulit mendapatkan akses air dan sabun, maka Anda bisa menggunakan hand sanitizer. Gunakan hand sanitizer yang mengandung alkohol minimal 60% agar efektif membasmi kuman.

Cuci tangan secara teratur, terutama setelah bersentuhan, setelah menggunakan toilet, sebelum dan setelah makan, membuang sampah, serta setelah batuk dan bersin.

 

Gunakan Masker yang Benar

Salah satu bentuk pencegahan covid 19 agar tidak tertular virus corona yang paling efektif adalah memakai masker. Namun pastikan Anda menggunakan masker yang benar, yaitu masker bedah dan masker N95. Sejauh ini banyak yang menggunakan masker kain untuk mencegah virus corona, padahal masker tersebut tidak efektif untuk menyaring partikel virus.

Masker bedah merupakan masker sekali pakai yang umum digunakan sebagai masker medis. Jenis masker ini harganya juga lebih terjangkau dan nyaman dipakai sehingga banyak orang menggunakannya saat beraktivitas sehari-hari.

Cara memakai masker yang benar adalah sisi berwarna pada masker menghadap ke luar. Sementara sisi dalam yang berwarna putih menghadap ke wajah untuk menutupi dagu, hidung, hingga mulut. Sisi masker berwarna putih terbuat dari material yang efektif menyerap kotoran dan menyaring kuman.

Meski tidak 100% mencegah paparan kuman, namun masker ini dapat menurunkan risiko penyebaran covid-19. Sedangkan untuk masker N95 adalah jenis yang digunakan sebagai Alat Pelindung Diri petugas medis saat merawat pasien Covid-19. 

Saat melepas masker, pastikan Anda tidak menyentuh bagian depan sebab area tersebut penuh dengan kuman yang menempel. Pastikan juga Anda selalu mencuci tangan setelah melepas masker.

 

Menjaga Daya Tahan Tubuh

Pencegahan covid 19 agar tidak tertular virus corona juga bisa Anda lakukan dengan menjaga daya tahan tubuh sehari-hari. Daya tahan tubuh yang kuat akan dengan mudah melawan bakteri dan virus penyebab penyakit, termasuk covid-19.

Anda disarankan mengonsumsi makanan sehat, seperti ikan, sayur, buah, dan berbagai makanan tinggi antioksidan. Untuk suplemen antioksidan bisa menggunakan Nutrasetika bahan alam seperti produk dari UNIHEALTH seperti Magozai dan Asta-Gold.

Magozai adalah produk herbal yang terbuat dari kombinasi ekstrak kulit Manggis, Goji Berry dan Acai Berry. Ketiga bahan utama ini diolah demikian rupa dan dicampurkan dengan berbagai kandungan herbal lainnya sehingga terbukti memiliki kandungan antioksidan yang sangat kuat yaitu 102.571 micromole/liter, dan telah diuji oleh Brunswick Laboratories, USA yang merupakan laboratorium internasional dalam pengujian kadar antioksidan. Antioksidan memiliki peran dalam memperbaiki sel tubuh yang rusak akibat radikal bebas, dan dapat menjaga daya tahan tubuh terhadap mikroba, maupun virus.

Asta-Gold adalah Antioksidan premium yang paling lengkap yang memiliki kandungan Astaxanthin 12 mg dan Applephenon (ekstrak Buah Apel) dalam 1 kapsul. Memiliki formula yang terbukti secara klinis dan memiliki kadar Antioksidan tinggi sebesar 6.756 μmol ITE/kapsul. Astaxanthin dan Applephenon yang terkandung di dalam Asta-Gold memiliki kemampuan dan peran sebagai terapi pendamping untuk penyakit degeneratif, seperti kanker, tumor, stroke, jantung termasuk didalamnya meningkatkan kebugaran, mood serta kelelahan otot.

Konsumsilah makanan yang alami dibanding makanan kaleng atau kemasan. Selain itu, Anda sebaiknya masak sendiri di rumah daripada harus membeli makan di luar yang belum terjamin kebersihannya.

Selain itu, Anda disarankan rutin berolahraga minimal 30 menit setiap hari dan berjemur di pagi hari antara pukul 10-11 untuk mengoptimalkan penyerapan vitamin D.

 

Menerapkan Physical Distancing

Menjaga jarak atau physical distancing bisa jadi salah satu pencegahan covid 19 agar tidak tertular virus corona. Hal ini bisa dilakukan dengan cara membatasi mobilitas di luar rumah, kecuali jika ada keperluan mendesak.

Menjaga jarak setidaknya dilakukan minimal 1 meter dengan orang lain dan pastikan Anda selalu menggunakan masker. Anda juga perlu menghindari kontak dengan orang yang sakit ataupun diduga terpapar covid-19.

 

Menjaga Kebersihan Rumah

Selain menjaga kebersihan diri, Anda juga perlu menjaga kebersihan rumah selama pandemi covid-19. Ini dikarenakan virus corona dapat bertahan selama berjam-jam di permukaan suatu benda. Oleh sebab itu Anda harus rutin membersihkan area rumah, khususnya yang sering disentuh. Seperti gagang pintu, remote televisi, kran air, dan meja kursi.

 

Gunakan cairan disinfektan untuk membersihkan area rumah dan jangan lupa menggunakan masker, sarung tangan, serta selalu mencuci tangan setelah membersihkan rumah. Hal ini penting dilakukan untuk mencegah penularan Covid-19 yang bisa terjadi di mana saja.

Demikianlah beberapa pencegahan covid 19 agar tidak tertular virus corona yang bisa Anda lakukan mulai saat ini. Selalu terapkan protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, dan mengurangi mobilitas di luar rumah.