Cara Mencegah Diabetes di Usia Muda – Penyakit diabetes saat ini tidak hanya menyerang orang tua saja namun anak muda pun harus waspada dengan penyakit satu ini.  Diabetes akan mengintai anak muda yang asal dalam mengkonsumsi makanan dan juga minuman. Angka penderita diabetes ini pun semakin meningkat sehingga perlu dilakukan pencegahan sedini mungkin. 

Untuk mencegah diabetes tipe 1 akan sulit dilakukan karena ada hubungannya dengan genetik. Sedangkan untuk diabetes tipe 2 ini asalnya pada gaya hidup yang tidak dicegah. Untuk diabetes tipe 2 ini harus bisa menjaga kadar gula darah tetap normal. Mencegah tentu saja lebih baik dibandingkan dengan mengobati, berikut adalah cara mencegah diabetes di usia muda yang bisa Anda lakukan:

Hindari Obesitas

Banyak yang mengatakan tidak apa-apa gemuk yang penting sehat, padahal ungkapan tersebut salah. Tidak ada kegemukan yang sehat karena kegemukan ini menjadi sumber penyakit. Obesitas ini akan mengganggu kerja metabolisme sehingga membuat sel di dalam tubuh tidak mampu merespons insulin dengan baik. Tubuh orang yang obesitas ini tidak bisa sensitif terhadap insulin. Akibatnya adalah resistensi insulin bisa berujung diabetes.

Hasil uji klinis yang dilakukan menyarankan untuk menjaga berat badan ideal. Dengan membuat berat badan ideal bisa mencegah diabetes sampai dengan 58 persen. Untuk mengetahui berat badan ideal Anda bisa mengetahui IMT atau Indeks Massa Tubuh atau bisa lewat Kalkulator BMI.

Perhatikan Asupan Karbohidrat dan Gula

Cara mencegah diabetes di usia muda yang bisa dilakukan adalah dengan memperhatikan asupan karbohidrat dan juga gula. Glukosa ini bisa mempengaruhi kadar gula darah dan menjadi hasil pemecahan karbohidrat. Sebagai cara untuk mencegah diabetes Anda bisa memilih sumber karbohidrat kompleks seperti nasi merah.

Karbohidrat yang baik untuk bisa menjaga gula darah adalah yang indeks glikemiknya rendah. Hal itu akan membuat karbohidrat menjadi lebih lama dipecah menjadi glukosa. Anda juga harus memperhatikan asupan gula setiap harinya. Asupan gula sehari-hari ini sering berlebih karena sering dicampurkan ke dalam makanan dan juga minuman.

Yang termasuk gula ini adalah pemanis buatan, gula cair maupun gula kristal. Untuk gula alami bisa didapatkan dari madu. Gula alami juga didapatkan dari buah yang dijadikan sebagai jus dan juga konsentrat buah.  Konsumsi makanan tinggi gula yang berlebihan ini membuat masalah metabolisme sehingga bisa mengganggu produksi insulin. Batas asupan gula yang ditambahkan ke dalam makanan  dan minuman maksimal 50 gram atau setara dengan 4 sendok makan.

Jaga Porsi Makan

Cara mencegah diabetes di usia muda selanjutnya adalah mencegah diabetes untuk bisa menakar porsi makan sehari-hari. Jika Anda terbiasa makan dalam porsi besar setiap harinya mulailah untuk menakar porsi makan Anda sehari-hari. Makan dengan porsi yang berlebihan ini hanya akan membuat Anda mengkonsumsi lebih banyak kalori selain itu bisa meningkatkan berat badan yang bisa meningkatkan risiko diabetes.

Anda bisa menggunakan piring yang lebih kecil untuk bisa menjaga porsi makan dan mencegah terjadinya diabetes. Makan dengan piring kecil ini membuat Anda tidak sadar telah mengurangi porsi makan lebih sedikit dibandingkan sebelumnya. Akan lebih ideal jika makan sedikit lebih sering daripada makan dalam jumlah banyak yang sekaligus.

Rutin Lakukan Aktivitas Fisik

Pencegahan selanjutnya perbanyak aktivitas fisik. Penelitian mengungkap bahwa orang dewasa yang sering menonton TV lebih dari 3 jam ini akan berisiko tinggi mengalami kematian. Hal itu sering disebabkan oleh penyakit kronis seperti diabetes. Oleh sebab itu biasakan untuk aktif dalam bergerak dan hindari melakukan kegiatan yang mana bisa menyebabkan Anda duduk atau berbaring terlalu lama.

Aktivitas fisik ini bisa meningkatkan metabolisme tubuh. Aktivitas fisik bisa digunakan untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Hal ini bisa mendorong proses penyimpanan gula di jaringan otot kemudian bisa meningkatkan respons tubuh di dalam insulin. Langkah pencegahan diabetes yang bisa dilakukan adalah Anda bisa aktif bergerak seperti berjalan kaki, naik tangga, berkebun kemudian membersihkan rumah.

Olahraga Rutin

Cara mencegah diabetes di usia muda yang bisa Anda lakukan adalah rutin dalam berolahraga. Aktivitas fisik bisa menurunkan gula darah dan jika dilakukan secara rutin bisa dijadikan sebagai cara ampuh untuk mencegah diabetes. Olahraga ini bisa membakar kalori dan mengubahnya menjadi energi. Setelah itu glukosa akan disimpan ke dalam otot sebagai cadangan energi. Gula ini tidak menumpuk di dalam darah.

Olahraga ini bisa membantu tubuh Anda menjadi lebih sensitif terhadap insulin. Dengan hal ini tentu akan bisa menghindarkan Anda dari resistensi insulin. Sebagai langkah untuk mencegah diabetes Anda bisa meluangkan waktu minimal 30 menit setiap hari untuk olahraga.

Kurangi Minuman Gula

Cara yang paling jitu adalah Anda harus mengurangi minuman gula. Bagi yang menyukai minuman manis, Anda harus membatasi porsinya untuk pencegahan diabetes terbaik meski tidak mudah. Keinginan mengkonsumsi makanan manis bisa muncul saat Anda sedang stres atau badmood dengan mengkonsumsi makanan manis. Terlalu sering mengkonsumsi makanan dan minuman manis bisa menyebabkan Anda ketagihan dan menjadi kebiasaan yang susah dihilangkan.

Gunakan Suplemen Diabetes / Nutrasetika Berbahan Alam untuk Diabetes

Cara mencegah diabetes di usia muda bisa dengan mengkonsumsi suplemen diabetes atau nutrasetika berbahan alam untuk diabetes. Dengan nutrasetika berbahan alam ini penderita pra diabetes tipe 2 bisa dicegah agar tidak masuk ke dalam tahap diabetes. Nutrasetika diabetes ini juga bisa digunakan menurunkan gula darah dan meningkatkan metabolisme tubuh sehingga masa penyembuhan bisa menjadi lebih cepat.

Anda bisa menggunakan nutrasetika diabetes berbahan alam dari UNIHEALTH untuk mencegah penyakit diabetes. UNIHEALTH menawarkan nutrasetika diabetes berbahan alam dengan kualitas terbaik, aman dan berkualitas tinggi. Produk yang ditawarkan Asta-Gluco, Glucodiab Drink dan Glucofit Susu Diabetes.

Asta-Gluco merupakan nutrasetika khusus untuk penderita pra-diabetes tipe 2 yang berfungsi sebagai tindakan pertama dan cepat untuk mencegah agar penderita pradiabetes tidak sampai masuk ke tahap diabetes mellitus tipe 2. Asta-Gluco sendiri terbuat dari Cinnulin PF® 170mg yang dapat membantu mekanisme transportasi glukosa untuk membantu tubuh dengan jalur pensinyalan insulin. Asta-Gluco juga memiliki manfaat dari Astaxanthin 4mg yang sudah dikenal untuk menurunkan kadar gula dalam darah, meningkatkan metabolisme dalam tubuh, mempercepat masa penyembuhan karena mengandung antioksidan yang tinggi, dan bekerja sebagai anti inflamasi.

Glucodiab Drink sebuah temuan revolusioner dari Prof. Dr. Hanny Wijaya, guru besar Ilmu Teknologi Pangan Studi dari Institut Pertanian Bogor, dengan dukungan dana dari Kementerian Riset & Teknologi dan Lembaga Pengelolaan Dana pendidikan (LPDP).

Glucodiab Drink sendiri berbahan baku tanaman khas Indonesia: ekstrak kumis kucing, temulawak dan jahe gajah, Glucodiab Drink bermanfaat menurunkan sekaligus menstabilkan kadar gula darah dengan cara mempercepat keluarnya glukosa dari sirkulasi darah, meluruhkan dan membantu pengeluaran batu ginjal, serta meringankan gejala kencing manis pada penderita diabetes tahap awal.

Glucofit Susu Diabetes merupakan susu diabetes pertama yang menggunakan ekstrak kayu manis (Cinnulin PF) untuk mengendalikan gula darah penderita diabetes. Tinggi akan kandungan kalium, dimana berfungsi untuk menstabilkan tekanan darah. Tinggi protein dan kaya 10 vitamin dan 5 mineral yang dibutuhkan tubuh, sehingga membuat penggunanya selalu fit dan bertenaga. Tinggi serat pangan untuk menyerap kadar lemak darah terutama trigliserida. Dapat digunakan sebagai susu diet pengganti makan malam, karena bersifat mengenyangkan, dan mencukupi kebutuhan kalori harian.

Dengan mengkonsumsi nutrasetika diabetes berbahan alam dari UNIHEALTH seperti Glucodiab Drink bersama Asta-Gold dan Glucofit dapat meningkatkan kualitas hidup yang lebih baik lagi.