Cara mengatasi kulit keriput pada wajah – Penuaan kulit menjadi hal yang alami. Penuaan kulit ini bisa menyebabkan keriput terutama bagian yang sering terkena sinar matahari misalnya saja adalah wajah, leher, tangan dan juga lengan bawah. Keriput ini akan muncul dan berkembang di rentang usia 40 sampai dengan 50 tahun karena memang kulit kehilangan kelembaban dan juga ketebalannya. 

Genetika ini juga membawa peran yang besar dimana orang dengan kulit putih ini rentan memiliki keriput di wajahnya. Jika Anda mengalami kulit keriput simak beberapa cara mengatasi kulit keriput pada wajah yang penting dilakukan berikut ini:

Konsumsi Makanan yang Tepat

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah konsumsi makanan yang tepat. Merawat kulit keriput ini tidak bisa dari luar saja namun juga harus dari dalam. Anda bisa mengkonsumsi makanan yang kaya nutrisi dan bisa bermanfaat untuk kesehatan yang sering disebut dengan superfood. 

Ada banyak jenis superfood yang bisa Anda manfaatkan untuk menjaga kesehatan kulit dan menghindarkannya dari keriput. Tidak hanya untuk keriput saja namun juga untuk menjaga kulit tubuh secara keseluruhan.  Berikut adalah beberapa daftar makanan sehat kaya nutrisi yang bisa membantu Anda menjaga kesehatan kulit dan anti keriput:

  • Artichoke
  • Alpukat
  • Biji chia
  • Putih telur
  • Kayu manis
  • Jahe
  • Miso
  • Ikan salmon
  • Ikan sarden
  • Tomat
  • Kacang kenari
  • Ikan sarden

Pijat Wajah

Untuk menghilangkan kerutan di wajah Anda bisa melakukan pijat wajah. Jika Anda rutin dalam memakai skin care maka jangan lupa untuk melakukan pijat wajah. Caranya dengan mengoleskan skincare dengan arah memutar kemudian Anda bisa menarik wajah secara lembut ke atas. Hal ini bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah maupun limfa di wajah Anda. Dengan pijatan wajah ini ketegangan di otot wajah bisa berkurang. Lakukan face massage setiap 2 kali dalam seminggu agar kerutan wajah bisa menjadi hilang.

Menggunakan Lemon Dan Madu

Cara mengatasi kulit keriput pada wajah adalah dengan menggunakan lemon dan juga madu. Anda bisa mengoleskan satu lapis jus lemon dicampurkan dengan madu pada wajah secara merata. Diamkan selama 10 menit untuk mengencangkan kulit kemudian bilas sampai benar-benar bersih. Madu ini bisa menjaga kelembaban sel kulit dan lemon bahkan bisa meningkatkan produksi kolagen.

 

 

Minyak Esensial

Cara mengatasi kulit keriput pada wajah yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah dengan rutin menggunakan minyak esensial. Dengan minyak esensial ini keriput pada wajah bisa dikurangi dan tampilannya bisa disamarkan.

Minyak esensial ini bisa diaplikasikan ke dalam kombinasi spesifik yang bisa menyembuhkan kulit tanpa harus menyebabkan iritasi. Beberapa minyak esensial yang bisa mengurangi keriput pada wajah adalah minyak argan, minyak biji wortel, minyak geranium, minyak jojoba, minyak lavender, minyak grapeseed, minyak mawar, minyak rosemary, minyak sandalwood, dan juga minyak ylang-ylang.

Jika Anda sensitif terhadap satu atau dua jenis minyak esensial maka Ada bisa melakukan uji sampel lebih dahulu sebelum mengaplikasikannya ke semua permukaan kulit wajah. Dengan sampel ini Anda bisa terhindar dari iritasi. Oleskan sedikit ke pergelangan tangan Anda dan tunggu selama 24 jam.  Jika kulit Anda kemerahan, ada rasa terbakar atau menyengat Anda harus menghentikannya.

Menggunakan Minyak Zaitun

Anda bisa menggunakan minyak zaitun untuk mengatasi keriput pada wajah. Minyak zaitun selama ini sangat bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan kulit. Minyak zaitun mengandung senyawa yang mana bisa meningkatkan kadar kolagen kulit.

Di dalam sebuah studi internasional Health and Development Unit, Monash University Melbourne orang yang memakan makanan dengan kandungan yang kaya akan minyak zaitun tidak mudah mengalami kulit keriput dibandingkan dengan orang yang mengkonsumsi makanan tinggi daging, susu dan juga mentega.

Peneliti juga mengungkapkan bahwa sayuran seperti brokoli, tomat dan juga kacang-kacangan ini akan memberikan efek perlindungan terhadap kulit keriput sehingga menjadikan kulit Anda lebih sehat dan halus.

Gunakan Vitamin C Topikal

Kulit keriput pada wajah bisa diatasi dengan menggunakan vitamin C topical. Vitamin C ini merupakan antioksidan yang membantu pembentukan kolagen di dalam kulit. Anda bisa menemukan vitamin satu ini pada buah dan juga sayuran seperti cabai, jeruk, jambu biji dan juga sejenisnya.

Dengan menggunakan gel topical yang kata akan vitamin C ini bisa membuat penampilan kulit yang keriput bisa diatasi dan mencegah tanda-tanda kerusakan yang diakibatkan oleh sinar matahari yang ada di kulit. Gel vitamin C ini juga bisa melembabkan kulit, memproduksi kolagen bahkan mengurangi peradangan.

Cukupi Kebutuhan Mineral

Cara mengatasi kulit keriput pada wajah selanjutnya adalah dengan mencukupi kebutuhan mineral. Tubuh yang kekurangan mineral akan menyebabkannya kering.  Mineral ini mampu membantu menyaring sinar matahari, meningkatkan penyembuhan bahkan mencegah terjadinya kerusakan kulit. Zinc maupun Selenium merupakan dua mineral yang sangat penting bagi kesehatan kulit sehingga  kandungannya harus selalu tercukupi di dalam tubuh.

Cream Anti Penuaan dan Keriput

Untuk mengatasi kulit keriput pada wajah ini tidak hanya bisa dilakukan dari dalam saja namun juga dari luar.  Anda bisa menggunakan cream atau skincare anti penuaan dan keriput dari Unihealth yang bisa efektif mengencangkan kulit.

Dr. Anti Aging Eye Suppresor ini bisa menjadi produk yang bisa Anda pilih. Dibuat dengan improved formula produk ini dipercaya bisa mengencangkan maupun memperbaiki kantung mata. Dr. Anti Aging Eye Suppresor juga bisa menghilangkan lingkaran hitam di bawah mata yang bisa membuat wajah terlihat lebih tua. Kandungan dari Dr. Anti Aging Eye menggunakan apple stem cell formulation yang bekerja secara instan seketika dalam melembutkan, mengencangkan kulit wajah serta mengatasi keriput, poripori membesar, dan kemerahan serta kekusaman pada kulit.

Demikian beberapa cara mengatasi kulit keriput pada wajah yang bisa Anda lakukan, mencegah lebih baik dibandingkan dengan mengobati, cegah sedini mungkin dengan menggunakan skin care yang tepat dan pola makan atau hidup yang sehat.