Imunomodulator alami – Kekayaan alam Indonesia memang tak perlu diragukan lagi, khususnya dalam menghasilkan berbagai tumbuhan obat yang berkhasiat dalam penyembuhan. Dari hasil penelitian terhadap senyawa aktif dalam tumbuhan obat, menunjukkan adanya aktivitas imunomodulator.

Berbagai sumber alam yang diteliti memiliki efek imunomodulator seperti pada hintan hitam, kedelai, jamur Ling Zhi, sarang semut, sirih merah, hingga mangga dan mengkudu. Imunomodulator alami inilah yang kemudian kemudian memiliki banyak khasiat dan manfaat bagi tubuh. Bagi Anda yang penasaran lebih lanjut dengan imunomodulator dan berbagai manfaatnya, langsung saja simak ulasan di bawah ini.

Apa Itu Imunomodulator?

Pada dasarnya imunomodulator merupakan senyawa yang berperan dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Target imunomodulator adalah sel-sel yang mengatur daya tahan tubuh. Sedangkan pada imunomodulator berbahan alami dapat diperoleh dari berbagai tanaman obat asli Indonesia.

Dalam perannya, imunomodulator akan memodifikasi respons imun terhadap antigen baik di dalam tubuh maupun benda asing dari luar tubuh yang mengancam kesehatan. Itulah alasannya imunomodulator dianggap mampu menghadapi berbagai ancaman virus, termasuk SARS-CoV-2 penyebab Covid-19.

Penggunaan imunomodulator alami dari tanaman obat herbal bisa didapat dalam bentuk segar atau produk siap minum. Mengkonsumsi minuman yang mengandung imunomodulator juga boleh dikonsumsi dalam jangka panjang. Namun ada baiknya penggunaan tersebut dibatasi selama 6-8 minggu atau dengan konsultasi dokter terlebih dulu.

Berbagai Manfaat Imunomodulator

Menjaga kesehatan tubuh dengan mengkonsumsi makanan bergizi seimbang sangatlah penting, khususnya di masa pandemi Covid-19 sekarang ini. Selain itu, mengkonsumsi tanaman obat yang mengandung imunomodulator alami juga bisa berperan penting dalam menjaga kesehatan Anda secara keseluruhan.

Adapun beberapa manfaat imunomodulator ialah sebagai berikut:

  • Melengkapi Kebutuhan Vitamin

Imunomodulator pada dasarnya terbagi menjadi dua, yaitu yang natural dan sintetik. Contoh imunomodulator sintetik adalah vitamin C, vitamin D, dan berbagai jenis suplemen vitamin lainnya. Penggunaan imunomodulator sintetik bisa melengkapi kebutuhan vitamin per hari yang terkadang tidak tercukupi dari menu makan sehari-hari.

 

 

Namun tentu saja Anda lebih dianjurkan mengkonsumsi makanan sehari-hari yang mengandung imunomodulator alami untuk mendapatkan berbagai kebutuhan vitamin tersebut. Seperti misalnya tomat yang kaya akan vitamin C, wortel yang mengandung banyak vitamin A, dan bengkoang dengan kandungan vitamin E yang tinggi.

  • Mencegah Sakit

Imunomodulator berperan aktif dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia. Oleh karena itu tidak heran jika kemudian imunomodulator juga berkhasiat dalam mencegah sakit. Ketika sistem imun tubuh Anda kuat, maka bakteri dan virus penyebab penyakit tidak akan mudah hinggap dan berkembang di dalam tubuh.

Sistem imun bekerja untuk melawan sel-sel bakteri yang menyebabkan peradangan, infeksi, dan berbagai penyakit lainnya. Dengan mengkonsumsi tanaman obat ataupun imunomodulator sintetik, kekebalan tubuh Anda akan lebih kuat dalam menjalani aktifitas sehari-hari.

  • Mempercepat Penyembuhan

Dengan mengkonsumsi imunomodulator alami, maka proses penyembuhan dalam tubuh juga akan lebih cepat. Proses penyembuhan atau recovery dipengaruhi oleh beberapa hal, seperti kualitas tidur, durasi tidur, kelengkapan gizi dan nutrisi, hingga peran aktif imunomodulator. 

Menambahkan beberapa tanaman obat seperti jahe, temulawak, atau kunyit sebagai minuman segar akan meningkatkan kemampuan tubuh untuk melakukan recovery. Oleh sebab itu tanaman obat yang mengandung imunomodulator sering dianjurkan kepada pasien yang baru sembuh dari penyakit.

  • Menyembuhkan Penyakit

Selain mempercepat proses recovery, tanaman obat yang mengandung imunomodulator alami juga terbukti efektif dalam menyembuhkan penyakit. Beberapa penyakit dengan gejala ringan seperti flu dan batuk bisa dilawan dengan mengandalkan tanaman obat yang kaya akan vitamin C, magnesiu, dan imunomodulator. 

Senyawa imunomodulator dan berbagai nutrisi lainnya akan memperkuat sistem imun tubuh sehingga mampu melawan penyakit. 

  • Meredakan Sakit Otot

Tanaman obat yang mengandung imunomodulator seperti jahe merah terbukti efektif dalam meredakan sakit otot. Menurut studi University of Georgia, Amerika Serikat, jahe merah mengandung anti peradangan yang berkhasiat mengurangi sakit otot. 

Dalam penelitian itu, telah dilakukan riset terhadap 74 orang yang melakukan berbagai jenis latihan. Subjek penelitian dibagi menjadi dua kelompok, yaitu satu kelompok yang mengkonsumsi suplemen jahe dan kelompok lain diberi pil yang mengandung gula. Hasilnya, kelompok pertama yang mengkonsumsi jahe dengan kandungan imunomodulator mengalami penurunan nyeri otot hingga 25% lebih ringan.

Suplemen Imunomodulator untuk Daya Tahan Tubuh

Selain tanaman obat, imunomodulator alami juga bisa Anda dapatkan dari suplemen imunomodulator seperti Bee Propolis produk dari Uni Health. Suplemen ini berperan sebagai imunomodulator dan antioksidan yang tinggi untuk mengaktifkan kembali sistem imun tubuh yang rendah.

Selain itu, suplemen Bee Propolis juga mengandung berbagai khasiat lainnya yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Seperti kandungan ekstrak propolis murni 100% dan aman dikonsumsi jangka panjang sebagai antibiotik, antiseptik, dan menangkal virus serta bakteri. Suplemen Bee Propolis juga tersedia dalam 2 kemasan, yaitu Bee Propolis 30 dan Bee Propolis 90.

Sedangkan pada jenis suplemen Bee Propolis Liquid juga tak kalah berkhasiatnya karena mengandung 100% propolis murni dengan bahan alami bermutu tinggi. Dengan penggunaan rutin yang sesuai kebutuhan, suplemen imunomodulator dari Bee Propolis akan menjaga daya tahan tubuh Anda selalu prima dan mampu melawan berbagai penyakit, khususnya di masa pandemi sekarang ini.

Berbagai khasiat telah ditemukan dari tanaman maupun suplemen alami yang mengandung imunomodulator. Dengan begitu Anda tak perlu ragu apabila ingin mengkonsumsinya secara rutin setiap hari. Mengkonsumsi imunomodulator alami secara rutin dengan diimbangi pola hidup sehat dan mengkonsumsi makanan bergizi seimbang adalah salah satu cara terbaik untuk menjaga sistem imun tubuh Anda.