Cara mengatasi rambut kering dan rontok – Rambut adalah mahkota tidak hanya bagi wanita namun juga pria. Sayangnya ada banyak masalah rambut terjadi, sehingga membuat kecantikan dan kesehatan rambut berkurang.  Salah satu masalah yang sering terjadi adalah kerontokan rambut. Rambut yang rontok ini tidak boleh disepelekan karena bisa menyebabkan rambut botak bahkan menipis. Merawat rambut yang salah akan menyebabkan rambut bertambah kering dan rontok.

Cara Mudah Mengatasi Rambut Kering dan Rontok

Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi rambut kering dan rontok yang mudah:

  • Sesuaikan waktu keramas
    Keramas bisa membuat rambut menjadi kering. Meski bisa menyingkirkan kotoran, bilasan air dan juga sampo ini bisa membuat minyak alami yang diproduksi di kulit kepala hilang. Para pemilik rambut kering dan rontok sebaiknya tidak sering keramas dan disarankan untuk mencuci rambut setiap 3 hari sekali.

  • Pilih produk perawatan rambut yang sesuai
    Untuk mengatasi rambut kering yang dimiliki, pilihlah shampo yang sesuai dengan kondisi rambut Anda. Perhatikan bahan-bahan yang ada di kemasan untuk mengetahui bahwa tidak ada kandungan yang berbahaya untuk kesehatan kulit kepala dan rambut Anda.

  • Jangan lupa gunakan conditioner
    Cara mengatasi rambut kering dan rontok selanjutnya adalah jangan lupakan conditioner untuk kesehatan rambut Anda. Conditioner ini akan membantu Anda mendapatkan rambut yang indah dan sesuai dengan harapan. Dengan conditioner ini rambut akan lebih halus dan lembut sehingga keindahannya terjaga.

    Untuk menggunakan conditioner ini Anda bisa mengoleskannya dari ujung bawah rambut baru perlahan-lahan naik ke atas. Pastikan conditioner yang digunakan ini sudah merata dan bisa Anda sisi dengan menggunakan angan. Anda juga bisa menggunakan conditioner ini sebagai masker rambut. Oleskan conditioner ini secara merata kemudian diamkan di rambut selama 5 sampai dengan 10 menit sebelum dibilas. Ulangi tahap ini 1 minggu sekali.

  • Melindungi rambut dari paparan sinar matahari
    Paparan sinar matahari secara langsung akan menyebabkan rambut menjadi rapuh dan lebih mudah rontok. Jika rambut Anda berwarna terang seperti pirang maupun abu-abu maka rambut Anda akan menjadi mudah rapuh, bercabang dan juga rontok.

    Saat sedang panas-panasnya Anda bisa melindungi rambut dengan menggunakan topi, payung atau menggunakan produk perawatan rambut dengan kandungan yang bisa menghalau sinar ultraviolet secara langsung ke rambut Anda.

  • Gunakan minyak jojoba
    Cara mengatasi rambut kering dan rontok yang bisa dilakukan selanjutnya adalah dengan menggunakan minyak jojoba. Minyak ini biasanya ditambahkan untuk campuran conditioner namun Anda juga bisa menggunakannya sebagai pelembab rambut alami. Untuk penggunaan Anda bisa oleskan setengah sendok teh minyak jojoba ke ujung rambut saat kondisi rambut masih sedikit basah oleh keramas.

  • Gunakan minyak kelapa
    Minyak kelapa selama ini dikenal dan dipercaya sebagai bahan perawatan rambut kering dan juga rontok secara alami. Banyak juga yang menggunakan minyak ini untuk perawatan kecantikan. Caranya mudah Anda cukup menyediakan minyak kelapa dan juga daun kari.
    Panaskan minyak kelapa dan juga daun kari selama 2 sampai dengan 3 menit. Anda bisa meniriskan dan diamkan sampai minyak tersebut dingin. Setelah itu Anda bisa mengoleskan campuran tersebut ke rambut dan kulit kepala, kemudian tutup rambut dengan handuk hangat. Diamkan beberapa menit kemudian bilas.

  • Konsumsi makanan bergizi
    Kamu adalah apa yang kamu makan. Tidak hanya berlaku untuk kesehatan tubuh saja namun juga berlaku bagi kesehatan rambut. Anda bisa menjaga kesehatan rambut dengan mengkonsumsi makanan sehat yang kaya akan Omega-3 dan juga antioksidan. Dengan konsumsi makanan yang bergizi, rambut Anda akan lebih indah, sehat bahkan bisa menjadi lebih berkilau.

    Jika rambut Anda sangat kering ada beberapa makanan yang bisa Anda konsumsi setiap hari seperti ikan tuna, sarden, salmon, tomat, brokoli, kacang merah, dan blueberry. Hindari makanan berminyak dan juga junk food yang bisa membuat kondisi rambut lebih parah.

  • Ganti shampo khusus kerontokan
    Jika masalah kerontokan rambut semakin parah Anda bisa mengganti shampo khusus rambut rontok. Seperti Dr. Alopec Hair Lost Shampoo dari Unihealth yang bisa menjadi shampo yang tepat untuk kondisi rambut Anda yang rontok. Tidak hanya untuk mengatasi rambut rontok saja namun shampo ini menjadi solusi untuk mengatasi kebotakan dan juga rambut tipis. 



    Dr. Alopec Hair Lost Shampoo ini efektif mencegah rambut rontok dengan cara melancarkan mikrosirkulasi sehingga mengoptimalkan penyerapan nutrisi dan juga vitamin yang efektif dalam merangsang pertumbuhan rambut baru. Anda yang ingin menebalkan rambut pun sangat cocok untuk menggunakan shampo ini.

    Caranya penggunaan dengan mengaplikasikannya pada rambut dan kulit kepala yang sudah dibasahi. Berikan sedikit pijatan pada kulit kepala kemudian bilaslah sampai bersih. Ulangi sekali lagi untuk hasil yang maksimal. Gunakan secara teratur dan hindarkan dari mata agar tidak menjadi iritasi.
  • Rutin Potong Rambut
    Memotong rambut ini menjadi salah satu cara untuk menjaga rambut tetap sehat. Meski begitu bukan berarti Anda hanya butuh rambut pendek. Anda bisa memotong ujung rambut sedikit saja yang mana bisa memacu pertumbuhan rambut yang lebih sehat. Anda bisa memotong rambut tiga bulan sekali untuk ujung rambut yang lebih sehat dan lebih panjang.

  • Hindari styling rambut
    Terlalu sering melakukan styling rambut bisa menyebabkan rambut menjadi rontok dan kering. Styling bisa menyebabkan rambut rontok, kering dan juga bercabang sehingga kecantikan dan kesehatan rambut menjadi berkurang.
    Rambut yang rontok jangan diabaikan karena bisa menyebabkan kebotakan sehingga menyebabkan rasa percaya diri menjadi berkurang. Lakukan cara mengatasi rambut kering dan rontok diatas secara teratur agar kesehatan dan kecantikan rambut terjaga dengan baik.