Perkembangan otak anak harus baik dan benar agar memiliki tumbuh kembang optimal. Hal itu karena fungsi otak yang berkembang optimal akan memiliki fungsi tubuh yang sempurna. Sayangnya tidak sedikit orang tua yang salah kaprah tentang perkembangan otak ini dan banyak yang mengira jika perkembangan otak dimulai saat si kecil dilahirkan ke dunia.

Nyatanya perkembangan otak anak ini sudah dimulai ketika si kecil masih berada di dalam kandungan. Otak ini merupakan organ yang terdiri dari saraf dengan massa yang besar dimana saraf tersebut dilindungi oleh tulang tengkorak. Sebagai pusat saraf, otak ini memiliki peran yang sangat penting untuk kehidupan manusia.

Mengenal Tahapan Perkembangan Otak Anak

Berikut ini adalah tahap perkembangan otak anak yang wajib orangtua ketahui:

 

  • Saat di dalam kandungan

 

Selama masa kandungan, tubuh ini akan disibukkan dengan perkembangan otak anak. Dimana hal itu menjadi bekal mempersiapkan kehidupan setelah kelahiran. Perkembangan otak ini akan dimulai sejak minggu ketiga kehamilan. Hal ini ditandai dengan adanya pembedaan sel-sel progenitor saraf.

Fase penting selanjutnya adalah perkembangan otak di dalam kandungan adalah terbentuknya struktur saraf pertama yaitu tabung saraf. Kemudian dilanjutkan dengan produksi miliaran neuron sel otak yang mana sebagian besar diproduksi saat pertengahan kehamilan. Neuron ini kemudian bermigrasi ke dalam bagian lain yang ada di sistem saraf.

 

  • Bayi baru lahir

 

Saat lahir, ukuran otak bayi hanya 60 persen dari ukuran otak orang dewasa. Ukuran otak bayi ini bisa membesar tiga kali lipat dalam tiga bulan pertama setelah kelahirannya. Saat kelahiran, satu-satu mielin atau zat berlemak ini akan isolasi akson otak agar bisa membantu sinyal bergerak menjadi lebih cepat dan ada di sumsum tulang belakang. Area otak ini memiliki tanggung jawab terhadap fungsi dasar seperti makan, napas dan juga mengendalikan detak jantung.

 

  • Usia tiga tahun

 

Otak anak sudah mencapai 80 persen dari ukuran otak orang dewasa dalam hal ini volume dan juga sel-sel otak sudah berkembang lebih maksimal. Di tahap ini otak bayi sudah memiliki sinapsis atau titik temu antara terminal akson dengan neuron yang lain. 200 persen lebih banyak jika dibandingkan dengan orang dewasa. Seiring dengan perkembangannya, sinapsis ini kemudian perlahan-lahan dipangkas oleh otak. Pemangkasan ini tidak akan mempengaruhi fungsi otak secara menyeluruh.

 

  • Perkembangan usia lima tahun

 

Menjelang usia lima tahun adalah masa penting untuk perkembangan otak. Segala pengalaman yang terjadi pada anak usia dini ini secara langsung akan membentuk sinapsis. Pada usia ini segala hal yang terjadi pada anak ini akan sangat melekat termasuk kejadian traumatis atau luka psikologis. Meski begitu di sisi lain masa ini merupakan momen yang tepat untuk penyembuhan traumatis.

 

  • Usia remaja

 

Berat dan ukuran otak remaja ini sudah terlihat seperti orang dewasa hanya saja belum berkembang secara sepenuhnya. Di usia ini tubuh akan memproduksi myelin dari bagian belakang otak ke bagian depan. Area terakhir adalah lobus frontal yang memiliki peran penting untuk pengambilan keputusan, empati dan juga kontrol impuls.

Tips Mendukung dan Menjaga Kesehatan Otak Anak

Untuk bisa menjaga kesehatan otak dan juga mendukung perkembangan, penting untuk bisa memberikan asupan bergizi, vitamin, dan nutrisi lainnya yang dibutuhkan oleh otak. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan berikut ini:

 

  • Ikan berlemak

 

Untuk mendukung perkembangan otak anak yang pertama adalah memberikan makanan ikan berlemak. Ikan berlemak ini kaya akan asam lemak omega-3 yang bagus untuk perkembangan dan juga kesehatan otak anak. Omega-3 ini bisa memperbaiki struktur sel otak yang biasa disebut dengan neuron. Selain itu studi menunjukkan bahwa konsumsi Omega-3 ini bisa membantu dalam meningkatkan kemampuan dalam berpikir. Ikan yang kaya akan omega-3 ini adalah mackerel, tuna, salmon dan juga sarden.

 

  • Buah-buahan

 

Buah-buahan yang kaya akan vitamin C ini mampu menyehatkan otak. Selain bisa meningkatkan fokus dan juga konsentrasi, vitamin ini juga mampu melawan radikal bebas di dalam tubuh. Beberapa contoh buah-buahan yang kaya akan vitamin C adalah sitrus seperti jeruk dan lemon, kiwi, tomat sampai dengan blueberry.

 

  • Memberikan ASI eksklusif

 

Agar perkembangan otak anak ini menjadi lebih baik  Anda bisa memberikan ASI eksklusif. ASI ini memberikan nutrisi yang tepat dan sesuai untuk anak. Dimulai dari memberikan ASI eksklusif sampai enam bulan. Setelahnya diberikan makanan pendamping ASI sampai usianya dua tahun.

 

  • Berikan stimulasi

 

Anda sebagai orang tua bisa memberikan stimulasi yang tepat. Stimulasi yang bisa diberikan ini agar anak bisa berkembang menjadi pribadi yang lebih kreatif, cerdas dan juga ceria.  Stimulasi yang bisa dilakukan adalah membiarkan dan mengajak anak bermain, floor time dimana Anda bisa menghabiskan waktu bersama dengan Anda orang tua dan menjalin interaksi. Stimulasi lainnya bisa dengan menggunakan musik dimana mengenalkan berbagai musik ini akan membuat anak merasa lebih nyaman dan juga bahagia.

 

  • Berikan suplemen otak

 

Agar perkembangan otak anak menjadi maksimal ini Anda bisa menggunakan suplemen otak seperti Starkidz Gold dari produsen Unihealth. Suplemen ini merupakan nutrisi multivitamin dan juga multimineral harian. Selain itu mengandung zat pendukung untuk perkembangan otak seperti AA, minyak ikan, asam folat, biotin dan juga vitamin B12.

AA merupakan komponen utama yang secara alami ada di dalam ASI. AA ini juga yang memiliki tanggung jawab terhadap pembentukan dan juga perkembangan otak bayi. Cara konsumsinya 1 sendok makan 1 kali sehari 15 ml untuk usia 1 sampai dengan 6 tahun. Untuk usia 6-12 tahun 2 kali sehari 1 sendok makan 15 ml. 

Perkembangan otak anak ini menentukan kesempurnaan pertumbuhan si kecil, oleh sebab itu orang tua wajib untuk memberikan dukungan yang tepat, jangan lupa berkonsultasi lebih lanjut jika menemui masalah dengan tumbuh kembang anak.