Cara menghilangkan ketombe yang membandel - Rambut merupakan aset yang berharga, terutama bagi para wanita. Tak heran kalau banyak wanita yang rela menghabiskan dana begitu besar untuk menjaga agar rambut mereka tetap terlihat bersih, indah dan memesona. Begitu juga saat rambut mereka mengalami masalah yang cukup merepotkan, salah satunya masalah ketombe dan dermatitis seboroik.

Masalah ketombe mungkin memang terlihat sepele, tapi bagi sebagian orang ketombe adalah masalah yang sangat mengganggu. Selain menimbulkan rasa tidak nyaman, ketombe juga dapat membuat orang menjadi kurang pede. Apalagi ketika menggunakan pakaian warna gelap, ketombe kadang rontok ke baju sehingga bisa membuat penampilan memburuk.

Apa itu Ketombe?

Ketombe merupakan sel kulit kepala yang sudah mati dan terkelupas menjadi serpihan berwarna putih berukuran kecil. Masalah ketombe sebenarnya juga pasti pernah dialami setiap orang, hanya saja tingkat keparahannya berbeda. Selain menghasilkan serbuk putih, ketombe juga meninggalkan masalah lain di kulit kepala. Yaitu rasa gatal dan juga berminyak hingga kerap lepek. 

Tak berbeda jauh dengan ketombe, masalah dermatitis seboroik juga sering menyambangi kulit kepala. Ketombe menjadi salah satu indikatornya, selain kulit kemerahan dan bersisik. Baik ketombe maupun dermatitis seboroik ini tidak menular layaknya kutu, sehingga tak masalah untuk berdekatan dengan seseorang yang mungkin sedang mengalami masalah tersebut.

Penyebab Masalah Ketombe Membandel

Secara umum penyebab masalah ketombe membandel adalah karena adanya jamur Malassezia. Ini merupakan jamur yang hidup secara alami di kulit kepala manusia, sehingga keberadaannya memang tidak dianggap sebagai parasit ataupun infeksi.

Meski begitu, jamur Malassezia bukanlah satu-satunya faktor penyebab ketombe membandel. Ada berbagai faktor lain yang juga memiliki andil dalam masalah rambut tersebut, diantaranya:

  • Dermatitis kontak yang mayoritas disebabkan oleh ketidakcocokan pada penggunaan produk perawatan rambut, misalnya shampoo, vitamin, hair tonic dan sebagainya. 
  • Jarang keramas atau jarang membersihkan rambut.
  • Mengalami eksim yang mengakibatkan kulit kepala gatal, kering dan bersisik.
  • Kulit kepala memproduksi terlalu banyak sebum atau minyak kulit pada bagian folikel rambut dan kelenjar minyak.
  • Mengalami stress yang berkepanjangan.
  • Peradangan kronis pada kulit kepala yang mengakibatkan kulit menebal, bersisik, kering dan mengelupas atau yang disebut dengan psoriasis. 

Jika Anda sedang mengalami masalah ketombe yang cukup membandel, coba periksa kembali apa penyebabnya. Baru setelah itu bisa ditentukan langkah penanganan yang tepat.

Cara Menghilangkan Ketombe yang Membandel

Ada banyak cara menghilangkan ketombe yang membandel, mulai dari memperbaiki asupan gizi dari dalam tubuh melalui makanan atau bisa juga dengan perawatan luar. 

Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa pilihan cara menghilangkan ketombe yang membandel:

Konsumsi Makanan Sehat

Untuk membantu mengatasi masalah ketombe yang membandel, Anda bisa memulainya dengan mengkonsumsi makan sehat terutama yang banyak mengandung biotin, zinc, dan juga lemak sehat. Kandungan nutrisi ini dapat membantu menutrisi kulit kepala dan juga rambut, sehingga dapat menjadi lebih sehat dan kuat dari dalam tubuh.

Ada beberapa rekomendasi makanan sehat yang cocok untuk membantu mengatasi masalah ketombe, diantaranya tomat, telur, yogurt, kacang-kacangan, kepiting, tiram,  coklat hitam dan wortel. 

Manfaatkan Paparan Sinar Matahari

Paparan sinar matahari secara langsung dapat membantu kulit kepala untuk membunuh jamur yang menyebabkan munculnya ketombe membandel. Untuk bisa mendapatkan paparan sinar matahari langsung, anda bisa pergi keluar rumah selama beberapa saat saja.

Meski begitu, hindari agar tidak terpapar sinar matahari secara langsung terlalu lama. Sebab paparan sinar UV juga dapat membahayakan kulit jika diterima secara berlebihan oleh kulit. 

Kelola Stress dengan Lebih Baik

Stress memang dapat menyebabkan masalah ketombe yang cukup parah, bahkan bisa juga memicu kerontokan rambut. Ada baiknya, cobalah untuk belajar mengelola stress Anda dengan lebih baik. 

Untuk mengelola stress, Anda bisa melakukan relaksasi, melakukan hobi yang disukai, menonton film, atau melakukan banyak hal yang bisa membuat Anda merasa lebih tenang. Mengatasi stress menjadi salah satu cara menghilangkan ketombe yang membandel untuk jangka waktu yang cukup panjang.

Hindari Produk Perawatan Rambut Penyebab Ketombe

Tanpa disadari, justru penggunaan produk-produk perawatan rambut yang justru dapat menyebabkan munculnya ketombe seperti misalnya pomade, minyak rambut, pelembut rambut dan lain sebagainya. Untuk itu, ketika Anda sedang memakai produk perawatan rambut pastikan betul bahwa produk itu aman di kulit kepala Anda.

Apabila produk tersebut justru memicu munculnya ketombe, maka sebaiknya segera hentikan pemakaian sebelum menjadi bertambah parah.

Cuci Rambut dengan Shampo yang Tepat

Cara menghilangkan ketombe yang membandel selanjutnya yaitu dengan mencuci rambut dengan shampo yang tepat secara teratur dan rutin. Ada beberapa kandungan shampo yang baik untuk mengatasi masalah ketombe, diantaranya:

  • Climbazole, yaitu suatu bahan yang mengandung anti jamur namun terasa lebih ringan di kulit. Bahan ini sangat baik untuk shampo anti ketombe, sekaligus membantu mencegah agar ketombe tidak kembali menempel di kulit kepala. 
  • Piroctone olamine juga merupakan salah satu bahan shampo yang sangat baik untuk membantu mengatasi masalah ketombe. Bahan ini  juga secara aktif membantu mencegah keparahan ketombe, serta mencegah pertumbuhan jamur Malassezia.
  • Aloe vera, dapat membantu masalah rambut kering akibat ketombe. Aloe vera dapat membuat kulit kepala menjadi lebih dingin dan juga lembab.

DR. Olamine dan DR. Olamine Medicated Shampoo merupakan salah satu produk shampo yang dapat membantu mengatasi masalah ketombe yang membandel. Mengandung bahan aktif seperti aloe vera, piroctone olamine dan climbazole yang mampu membantu memusnahkan ketombe sekaligus mencegahnya kembali. Dilengkapi juga dengan kandungan pro vitamin B5 yang sangat baik untuk memicu pertumbuhan rambut baru. 

Nah, itu dia beberapa cara menghilangkan ketombe yang membandel agar cepat hilang dan tidak kembali, selalu pastikan terlebih dahulu apa penyebab ketombe Anda sebelum mengatasinya.