Speech Delay Anak

Bahasa adalah bentuk aturan atau sistem lambang yang digunakan anak dalam berkomunikasi dan beradaptasi dengan lingkungannya yang dilakukan untuk bertukar gagasan, pikiran dan emosi. Perkembangan bahasa adalah salah satu faktor terpenting dalam pertumbuhan dan perkembangan anak.

Kemampuan berbicara pada anak-anak merupakan kebutuhan untuk menjadi bagian yang sangat penting dalam kehidupan mereka, untuk itu peran orang tua, keluarga dan lingkungan sekitar sangat berpengaruh dalam memberikan stimulus bagi anak-anak sehingga anak-anak tidak mengalami keterlambatan bahasa dan keterlambatan bicara. Kuliah umum Unihealth kali ini akan membahas mengenai gangguan keterlambatan bahasa (speech delay) pada anak, faktor penyebabnya, dan bagaimana cara pencegahannya dari segi pemenuhan gizi anak agar anak terhindar dari keterlambatan bahasa. 

Keterlambatan bicara atau speech delay adalah kondisi kemampuan bicara anak yang tidak berkembang sesuai usianya. Seorang anak dinilai memiliki keterlambatan bicara dan bahasa jika perkembangan bicara dan bahasanya secara signifikan berada di bawah milestone anak seusianya. Perkembangan bicara dan bahasa anak tersebut masih dalam sekuen/urutan yang benar, namun lebih lambat dari yang diharapkan.

Sedangkan anak-anak dengan gangguan bicara dan bahasa, perkembangan bicara dan bahasanya secara kualitatif berbeda dari anak pada umumnya. Dalam perkembangannya bahasa dapat dipengaruhi oleh banyak hal, baik dari lingkungan internal (keluarga) maupun lingkungan eksternal (lingkungan). Perbedaan dalam perkembangan bahasa anak-anak, baik dalam bentuk maupun struktur, sangat dipengaruhi oleh latar belakang budaya dan sosial tertentu.

 

 

Tahapan Bahasa Pada Anak Sesuai Dengan Usianya

  • 3 bulan : chooing dan gurgling
  • 6 bulan: babbling
  • 12-15 bulan: mampu melafalkan 1 kata pertama seperti “mama”atau “papa
  • 18 bulan: 5-40 kata
  • 2 tahun: 150-300 kata
  • 3 tahun: 900-1000 kata dan mampu membuat pertanyaan dan kalimat pendek
  • 4 tahun: 2000 kata dan mampu merangkai kalimat yang terdiri dari 5 kata atau lebih
  • 5 tahun: mampu membuat kalimat yang panjang atau bercerita sederhana

 

Apa Saja Penyebab Keterlambatan Bicara Atau Speech Delay Pada Anak

Perlu diingat bahwa ketika anak terdeteksi mengalami keterlambatan bicara (speech delay) maka perlu diselidiki apa penyebabnya terlebih dulu guna mendapatkan intervensi yang tepat untuk terapi anak dengan keterlambatan bicara (speech delay).

Berikut ini beberapa penyebab anak mengalami keterlambatan bicara (speech delay):

  1. Gangguan pendengaran
  2. Gangguan struktur di area mulut
  3. Gangguan neurologis
  4. Defisiensi gizi pada 1000 hari pertama kehidupan
  5. Anak tidak mendapatkan stimulasi yang cukup

 

Gizi Yang Dibutuhkan Untuk Membantu Dalam Pertumbuhan Dan Perkembangan Otak Anak

  1. Omega-3 dan Omega-6 dibutuhkan untuk perkembangan otak anak
  2. Zat besi dan asam folat berfungsi untuk perkembangan kognitif
  3. Vit. C, B1, B3, B6, Biotin, B12, dan Magnesium berfungsi untuk sistem saraf
  4. Asam amino untuk pertumbuhan sel-sel otot Omega-3 dapat diperoleh dari makanan sehari-hari seperti susu, ikan, kacang-kacangan, tempe dll.

 

Namun, ketika makanan sumber omega-3 dipanaskan dengan suhu tinggi, maka omega-3 akan rusak. Omega-3 hanya terdapat pada susu yang berasal dari sapi yang mendapatkan makanan yang mengandung omega-3 dan yang difortifikasi omega-3. Asam folat digunakan untuk meningkatkan memori dan kognitif dan berkaitan juga dengan mengingat kata-kata, serta meningkatkan kemampuan berfikir. Asam folat dapat diperoleh dari beberapa sumber makanan seperti, bayam hijau, kembang kol, kacang hijau, alpukat, dan jeruk manis.

 

starkidz fish oil

 

Starkidz Fish Oil

Starkidz Fish Oil adalah multivitamin khusus balita dan anak-anak sejak usia 1 hingga 12 tahun. Berperan dalam memenuhi kebutuhan vitamin selama masa pertumbuhan, memelihara kesehatan dan memperbaiki nafsu makan anak. Mengandung minyak ikan 3x lebih banyak, memiliki kandungan multivitamin yang lengkap termasuk AA dan DHA dalam jumlah yang seimbang dan mengandung temulawak organik untuk memberikan hasil yang optimal dalam masa pertumbuhannya.

Merupakan salah satu produk unggulan dari Unihealth yang dapat membantu perkembangan otak anak dan membantu tumbuh kembang anak menjadi lebih optimal. Starkidz Fish Oil mengandung nutrisi yang lengkap dan memiliki kandungan AA 7,5x lebih banyak. Selain itu, Starkidz Gold dilengkapi dengan kandungan nutrisi lainnya seperti asam folat 100mg, fish oil 10mg, biotin, vit. B12, dan asam amino.

 

Starkidz gold memiliki beberapa keunggulan diantaranya:

 

  1. Mengandung AA 7,5x lebih banyak yang baik untuk perkembangan otak
  2. Mengandung asam folat yang membantu sintesis neurotransmitter pada komunikasi antar sistem saraf
  3. Mengandung fish oil yang baik untuk perkembangan kecerdasan anak
  4. Profil keamanan produk yang tinggi sehingga aman dikonsumsi untuk anak 1 tahun ke atas